Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Teken MoU Lintas Stakeholders, Kementan Optimalkan Agroindustri Hortikultura

Jumat, 27 Agustus 2021 15:10 WIB
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo didampingi Dirjen Hortikultura Kementan Prihasto Setyanto saat penandatanganan kerja sama dengan beberapa perusahaan hortikultura di Jakarta, Kamis (26/8)/Ist
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo didampingi Dirjen Hortikultura Kementan Prihasto Setyanto saat penandatanganan kerja sama dengan beberapa perusahaan hortikultura di Jakarta, Kamis (26/8)/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Pertanian (Kementan) melakukan penandatanganan kerja sama lintas stakeholders guna mendukung hulu hilir agroindustri hortikultura yang berdaya saing dan berkelanjutan. 

Penandatanganan tersebut dilakukan oleh Direktur Jenderal Hortikultura Prihasto Setyanto beserta perwakilan dari PT Calbee Wings, PT Ewindo/East West Rajawali Nusantara Indonesia (RNI), Asosiasi Bawang Merah Indonesia (ABMI) serta Bank Jabar- Banten (BJB) di Agriculture War Room (AWR) Kementan, Kamis (26/8) disaksikan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Dirjen Hortikultura Prihasto Setyanto dalam laporannya menyampaikan, ada tiga kerja sama yang akan ditandatangani.

Pertama, kerja sama yang dilakukan bersama RNI. Ini dilakukan untuk menyerap produk hortikultura segar maupun olahan. 

Baca juga : Pemerintah Komit Kembangkan Industri Sawit Berkelanjutan

Menurut Prihasto, pihaknya memiliki binaan UMKM hortikultura di seluruh Indonesia. Sampai tahun 2022, ditargetkan ada sekitar 600 UMKM yang tentunya perlu dukungan pada aspek pemasaran. “Dan ini yang kami rintis dengan RNI,” katanya.

MoU yang kedua, dengan Wings Food dan Ewindo. “Ini terkait arahan Pak Menteri untuk pengembangan Food Estate di 4 kabupaten, Bantul, Wonosobo, Temanggung dan Garut,” ucapnya.

Wings Food sudah siap menjadi offtaker untuk kentang industri, dengan Ewindo nanti akan bekerja sama dalam hal benih. Pertani nanti akan memproduksinya, Ewindo yang akan menyerap benih tersebut

Sementara untuk pembiayaan, Prihasto lebih lanjut menjelaskan, Bank BJB akan memfasilitasi pembiayaan untuk mendukung UMKM Hortikultura. Walaupun sebelumnya sudah banyak kerja sama yang terjalin antara Kementan dengan BJB, namun MoU kali ini perlu dilakukan untuk memperjelas dan lebih terarah.

Baca juga : Kemenag Hentikan Rilis Kartu Nikah Fisik

Mentan SYL mengapresiasi kerja sama yang dilakukan. Dia berharap semua pihak yang terlibat  menjadi semakin tangguh dan kreatif dalam membangun pertanian di tengah situasi pandemi. 

“Saya yakin apa yang kita lakukan hari ini ini adalah konttibusi kita semua bagi bangsa. Untuk menghadirkan kehidupan negara yang lebih baik, dan kehidupan rakyat yang semakin sejahtera dengan menyediakan nutrisi dari sumber pangan hortikultura yang sehat,” ungkap SYL.

SYL mengakui, pandemi Covid-19 telah mengubah tatanan sosial kehidupan. Ia kemudian mengingatkan agar pertanian Indonesia harus tetap berjalan dengan manajemen modern.

“Pertanian tidak bisa dilakukan seperti cara-cara lama. Pertanian harus di-handle lebih kuat,” tegas SYL.

Baca juga : Tata Kelola Dampak Perubahan Iklim Pengembangan Hortikultura

Oleh karena itu, membangun pertanian yang dibutuhkan menurutnya, adalah komitmen dan integritas. Petani, pemerintah daerah dan pelaku usaha harus bertanggung jawab sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing.

“Penandantangan ini harus ada hasilnya. Saya tidak mau kalau cuma buat nyengengin doang. Harus maju. Kalau kau mau gapai pulau harapan dibalik fatamorgana, maka kau lepas tambat perahu dari dermaga. Kau mau menikmati pemandangan indah yang nyaman di mata, kau arungi samudera. Kau berhadapan dengan badai dan gelombang tapi jangan kau bawa menyamping itu perahu apalagi balik badan,” pungkas SYL. [KAL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.