Dark/Light Mode

Pemprov Banten Bangun 3 Masjid Senilai Rp 7,5 Miliar

Sabtu, 11 Mei 2019 19:52 WIB
Ilustrasi masjid di provinsi Banten. (Foto: Istimewa).
Ilustrasi masjid di provinsi Banten. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Tahun ini Pemprov Banten akan membangun 3 masjid masing-masing senilai Rp 2,5 miliar yang akan dihibahkan kepada masyarakat umum melalui pola hibah atau bantuan prasarana dan sarana utilitas umum.

“Jadi masyarakat yang menyiapkan lahannya, kami nanti dari Pemprov Banten yang akan membangun masjidnya. Ini merupakan programnya Pak gubernur,” kata Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) Provinsi Banten HM Yanuar di Serang, Jumat (10/5).

Ia mengatakan, sudah ada tiga usulan lokasi pembangunan yang masuk pada anggaran Tahun 2019 dan sedang dalam proses lelang. Pemerintah Provinsi Banten hanya membangunkan masjidnya sesuai dengan rencangan dan yang ditentukan oleh pemprov, sedangkan masyarakat hanya menyiapkan lahannya saja minimal 500 meter persegi.

Baca juga : BPBD : Banjir Bengkulu Sementara Rugi Rp144 Miliar

“Anggarannya satu masjid ini Rp 2,5 miliar. Tapi itu di luar tanah, karena tanahnya harus disiapkan masyarakat,” kata dia.

Menurut Yanuar, program pembangunan masjid yang dilaksanakan Provinsi Banten tersebut diprioritaskan untuk daerah-daerah atau perkampungan yang padat penduduk tetapi belum memiliki masjid.

Masyarakat sekitar tinggal menyiapkan lahannya yang sesuai degan ketentuan agar tidak menimbulkan persoalan, minimal lahannya 500 meter.

Baca juga : Penobatan Raja, Thailand Rogoh Kocek Rp 440 Miliar

‘’Tahun ini usulan yang baru masuk tiga lokasi di antaranya di Anyer Kabupaten Serang dan Gunung Kencana Kabupaten Lebak. Nanti setiap tahun kita siapkan anggarannya sesuai kemampuan APBD Banten,” kata Yanuar.

Sebelumnya Gubernur Banten, Wahidin Halim mengatakan, pihaknya akan memprogramkan pembangunan masjid bagi lingkungan masyarakat yang belum memiliki masjid, dengan syarat masyarakat yang harus menyiapkan lahannya.

Anggaran untuk pembangunan masjid tersebut masing-masing satu unit masjid Rp 2,5 miliar. Jadi 3 unit masjid akan menghabiskan anggaran 7,5 miliar. [RIE]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.