Dark/Light Mode

Alamnya Indah, Sandi Optimis Sukabumi Bisa Gaet 2 Juta Wisatawan Per Tahun

Selasa, 7 September 2021 11:24 WIB
Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno saat meninjau wisata Sukabumi. (Foto: ist)
Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno saat meninjau wisata Sukabumi. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno terpukau dengan potensi wisata yang dimiliki Kabupaten Sukabumi. 

Hal itu disampaikannya saat mengunjungi Desa Cisande, Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, kemarin. Sandi memasang kegiatannya di Sukabumi di laman Instagram pribadinya, @sandiuno. 

Menurut Sandi, Sukabumi memiliki keindahan alam yang tidak kalah mempesona dari daerah lain. Sukabumi juga terkenal kaya akan budaya. 

Baca juga : Stok Bertambah, Pemerintah Yakin Mampu Suntik 2,3 Juta Dosis Vaksin Per Hari

“Saya yakin ini adalah wisata berbasis quality and sustainablelity, kualitasnya meningkat dan konservasi keberlanjutan lingkungannya juga terjaga," kata Sandi. 

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu optimis, Sukabumi bakal kebanjiran wisatawan. Baik lokal maupun mancanegara. Apalagi dengan adanya infrastruktur penunjang yang semakin mendukung.

"Kalau nanti Bocimi jadi sampai di Sukabumi, saya memprediksi sekitar 2 juta kunjungan per tahun wisatawan ke sekitar Sukabumi, yang nanti akan diserap oleh desa-desa wisata," ujarnya.  

Baca juga : Holding UMi Bisa Cetak 30 Juta Lapangan Kerja

Kata Sandi, daya tarik pariwisata Sukabumi juga unik. Sebab, banyak budaya atau kearifan lokal yang bisa dinikmati wisatawan, salah satunya cambuk api. 

"Saya baru pertama kali lihat tari tarian berbasis api. Ini yang saya akan kembangkan, dan masyarakat urban pasti sangat merindukan kegiatan seperti ini," jelas pria yang biasa disapa Mas Menteri itu. 

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sendiri terus berupaya mendorong perkembangan pariwisata Sukabumi, termasuk pembangunan infrastrukturnya. "Nanti kita akan kerjasamakan dengan komunitas Sadar Wisata, agar pertama tentunya dibangun infrastruktur yang mumpuni," ucap dia. 

Baca juga : Makin Mudah, Kini Cari Rumah Subsidi Bisa Via Online

Sandi menegaskan pihaknya akan bekerja sama dengan kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, maupun juga dengan dana desa. "Terutama kerjasama dengan pemerintah kabupaten dan provinsi," tutup Sandi. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.