Dark/Light Mode

Kemnaker Berupaya Sejahterakan Pekerja Di Sektor Kelapa Sawit

Rabu, 15 September 2021 10:50 WIB
Dirjen Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja, Kementerian Ketenagakerjaan, Indah Anggoro Putri
Dirjen Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja, Kementerian Ketenagakerjaan, Indah Anggoro Putri

 Sebelumnya 
"Karena itu, sektor kelapa sawit menjadi salah satu isu hubungan industrial yang perlu diperhatikan. Khususnya mengenai perlindungan tenaga kerjanya," aku Putri.

Pemerintah berkepentingan agar produk-produk hasil industri dapat diterima secara kompetitif di pasar global. Dalam konteks ini, beberapa pembeli terkadang menghendaki adanya standar-standar produksi yang harus dipenuhi oleh perusahaan atau industri.

Baca juga : Kebut Vaksinasi, Jokowi Minta Kepala Sekolah Tak Segan Kejar Kepala Daerah

Selain itu, Putri mengatakan, kondisi hubungan kerja di sektor kelapa sawit tidak terlepas dari dukungan sejumlah pihak yang memunculkan berbagai kemungkinan terburuk akibat pandemi, seperti penutupan pabrik karena kasus penularan. Sehingga perlu antisipasi kemungkinan terburuknya.

Dia berharap, dari dialog sosial ini dapat merumuskan dan menyepakati hal-hal yang akan menjadi solusi bersama dalam meningkatkan produktivitas serta kesejahteraan pekerja sektor kelapa sawit.

Baca juga : Ketatkan Prokes, Ganip Warsito Lepas Gerakan Mobil Masker Di Malang

Dalam arahannya, Putri juga mengatakan, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menginginkan, agar sektor kelapa sawit bisa berperan penting dalam penyerapan tenaga kerja, yang akan terus bertambah seiring meningkatnya produksi kelapa sawit. [MEN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.