Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gelar Rapat Kerja Ikaperjasi Di Solo

Dirjen Binapenta Minta Profesionalisme Pekerja Diperkuat

Jumat, 17 September 2021 21:21 WIB
Rapat Kerja Ikaperjasi di The Alana Hotel Solo, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Jumat (17/9). (Foto: Jon/RM)
Rapat Kerja Ikaperjasi di The Alana Hotel Solo, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Jumat (17/9). (Foto: Jon/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja (Dirjen Binapenta dan PKK) Suhartono meminta Organisasi Profesi Ikatan Pengantar Kerja Seluruh Indonesia (Ikaperjasi) meningkatkan profesionalisme pekerja. Hal itu disampaikan Suhartono saat membuka Rapat Kerja Ikaperjasi Dalam Rangka Pembinaan Organisasi Profesi Pengantar Kerja Tahun 2021, di The Alana Hotel Solo, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Jumat (17/9). 
 
“Kehadiran Ikaperjasi merupakan salah satu bentuk dukungan Instansi Pembina kepada organisasi profesi. Kegiatannya mendorong peningkatan profesionalitas Pengantar Kerja,” tutur Suhartono. 
 
Ikaperjasi merupakan salah satu organisasi profesi jabatan fungsional di bawah pembinaan Ditjen Binapenta dan PKK Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker). “Diharapkan sebagai suatu wadah yang dapat memfasilitasi kebutuhan terkait pengembangan kompetensi, karier maupun profesionalitas jabatan fungsional Pengantar Kerja,” lanjut Suhartono. 
 
Menurutnya, dari perkembangan Ikaperjasi dari setiap periode kepengurusan, terlihat saat ini diperlukan perubahan dan reorganisasi secara komprehensif. Mengingat, peraturan yang ada tentang Pengantar Kerja yaitu Peraturan Menpan 05 tahun 2014 sudah tidak sesuai dengan PP 11 Tahun 2017 tentang manajemen PNS dan Peraturan Menpan & RB Nomor 13 Tahun 2019  tentang Pengusulan, Penetapan, dan Pembinaan Jabatan Fungsional Pegawai Negeri Sipil. “Khususnya terkait pembinaan dan hubungan kerja organisasi profesi dengan instansi Pembina,” imbuhnya.
 
Suhartono menyebut, saat ini, jumlah Pejabat Fungsional Pengantar Kerja di seluruh Indonesia sebanyak 668 orang. Untuk itu, Pengantar Kerja diharapkan dapat menjadi agent of change yang mampu memberi warna baru dalam budaya organisasi di tempat berkarya. “Optimalkan potensi diri Anda agar dapat berkontribusi secara maksimal dalam pembangunan ketenagakerjaan,” lanjutnya.
 
Ikaperjasi juga diharapkan berperan ganda sebagai pembela anggotanya. Serta menjadi mitra atau kepanjangan tangan Pemerintah, dalam hal ini Kemnaker dan Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI). “Untuk menyampaikan informasi bidang penempatan tenaga kerja dan perluasan kesempatan kerja kepada stakeholder dan masyarakat pada umumnya,” ujar Suhartono. 
 
Sebagai organisasi profesi yang profesional, lanjut Suhartono, Ikaperjasi harus dapat mandiri, mampu mengelola semua program yang telah ditetapkan dalam rangka pencapaian tujuan organisasi. Tidak hanya bergantung kepada instansi pembina. 
 
Dalam rangka pencapaian tersebut, Ditjen Binapenta dan PKK dapat memberikan pengembangan kapasitas dan membantu langkah-langkah penguatan peran dan fungsi terhadap peningkatan profesionalisme Pengantar Kerja. Terutama dalam melaksanakan metode pelayanan penempatan tenaga kerja yang relevan dengan perkembangan situasi yang terjadi. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.