Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Perpusnas-Kemenag Teken MoU, Luncurkan Portal Kepustakaan Keagamaan

Kamis, 23 September 2021 14:08 WIB
Penandatanganan MoU antara Kementerian Agama dan Perpustakaan Nasional, di Jakarta, Kamis (23/9). (Foto: Dok. Perpusnas)
Penandatanganan MoU antara Kementerian Agama dan Perpustakaan Nasional, di Jakarta, Kamis (23/9). (Foto: Dok. Perpusnas)

RM.id  Rakyat Merdeka - Arah pembangunan nasional dalam Rencana Jangka Pendek dan Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 di antaranya adalah peningkatan kualitas literasi dan sumber daya manusia. Untuk mencapai hal ini, Perpustakaan Nasional (Perpusnas) bersama Kementerian Agama (Kemenag) dengan melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman alias MoU dan peluncuran portal web kepustakaan-keagamaan, di Jakarta, Kamis (23/9).

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, penandatanganan MoU ini adalah kesempatan luar biasa. Banyak manfaat besar yang bisa dirasakan, terutama bagi Kemenag.

"Saya akan kawal langsung, shodaqoh portal kepustakaan keagamaan yang sudah dibuatkan Perpustakaan Nasional. Jadi, saya berharap portal tersebut harus produktif secara konten," ucapnya, usai penandatanganan MoU.

Peluncuran portal web tematik ini menjadi bagian dari pelayanan referensi berbasis digital bagi masyarakat. Portal https://kepustakaan-keagamaan.perpusnas.go.id memuat beragam informasi dari enam agama yang diakui di Indonesia. Seperti koleksi buku, foto, dan video berbasis digital, daftar literatur, serta tautan untuk mengakses layanan yang dimiliki Perpusnas.

Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando menyampaikan, tidak satu pun manusia yang hidup di NKRI tanpa terikat dengan agama. Oleh karena itu, Perpusnas meminta seluruh konten web dapat diisi para pemeluknya. Tentu saja konten yang diisi bebas mengandung SARA dan kebencian terhadap kelompok/golongan tertentu.      

“Dengan beragam konten di dalamnya, Perpustakaan Nasional berharap portal web ini mampu menjadi rujukan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang terpercaya dan valid" terangnya.

Direktur Jenderal Pendidikan Agama Islam Kemenag Muh Ali Ramdhani mengaku senang dengan kolaborasi yang dilakukan kedua belah pihak yang dibingkai dalam Nota Kesepahaman. Ali Ramdhani menjelaskan, esensi dari pembangunan manusia unggul bukan terletak pada paras cantik atau rupawan, melainkan pada kemuliaan akal.

“Manusia seutuhnya adalah manusia yang cerdas akal yang dibingkai dengan akhlak yang baik,” pungkas Ali Ramdhani. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.