Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dengar Permintaan Warga Kalsel

Jokowi Perintahkan Jembatan Sei Alalak Dibuka

Minggu, 26 September 2021 20:12 WIB
Jembatan Sei Alalak (Foto: Kementerian PUPR)
Jembatan Sei Alalak (Foto: Kementerian PUPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Warga Kalimantan Selatan (Kalsel) meminta agar Jembatan Sei Alalak segera dibuka. Jembatan ini menghubungkan Kota Banjarmasin dengan Kabupaten Barito Kuala menuju Kalimantan Tengah. Kawasan ini terkenal kemacetannya, terutama setelah Jalan Lingkar Utara yang kondisinya rusak parah pasca diterjang banjir.

Permintaan warga Kalsel ini mendapat perhatian Presiden Jokowi. Mengetahui pembukaan itu sangat penting, Jokowi pun meminta agar jembatan ini segera dibuka.

“Bapak Presiden meminta agar Jembatan Alalak ini segera dibuka. Kami saat ini sedang berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR),” ucap Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, seperti dikutip presidenri.go.id, Minggu (26/9).

Baca juga : Minta Perlindungan Negara, Pelaut Usulkan Uji Materi Aturan

Heru mengatakan, pembukaan jembatan tersebut dapat dilakukan dengan ujicoba operasional secara terbatas hingga pelaksanaan peresmian. “Jenis kendaraan yang diizinkan hanya untuk roda dua dan mobil penumpang,” ucap Heru.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyatakan kesiapannya melaksanakan perintah Jokowi itu. “Kami telah melakukan pengecekan akhir kondisi jembatan tersebut dan siap dibuka sesuai arahan Presiden,” ucap Basuki, di Jakarta (Minggu,26/9).

Basuki menyampaikan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemprov Kalsel dan Kapolda Kalsel terkait koodinasi untuk uji coba operasional terbatas tersebut. “Dan juga untuk melakukan pengawalan dan pengamanan,” ucapnya.

Baca juga : Hadapi Perubahan Iklim, Jokowi Tanam Mangrove Di Cilacap

Basuki meminta masyarakat mentaati aturan lalu lintas. Selain itu, dia berpesan agar kendaraan roda dua maupun mobil penumpang tidak parkir atau berhenti di atas jembatan.

“Kami khawatir karena jembatan baru, masyarakat ingin berhenti untuk melihat jembatan atau berfoto. Mohon untuk kepentingan bersama kita tertib dan mentaati aturan lalu lintas,” ujar Basuki.

Jembatan Sei Alalak telah selesai pembangunannya pada Jumat (24/9). Jembatan ini dibangun untuk menggantikan Jembatan Kayu Tangi 1 yang telah berusia sekitar 30 tahun. Pembangunan jembatan ini dipercaya akan memberikan manfaat yang sangat besar bagi perekonomian masyarakat. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.