Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bangkit Saat Pandemi, Kemendes Genjot Potensi Desa

Senin, 27 September 2021 20:31 WIB
Direktur Jenderal Pembangunan Desa dan Perdesaan Sugito saat kunjungan kerja ke Desa Biting, Ponorogo, Jawa Timur.  (Foto: Ist)
Direktur Jenderal Pembangunan Desa dan Perdesaan Sugito saat kunjungan kerja ke Desa Biting, Ponorogo, Jawa Timur.  (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) terus mendorong beragam potensi desa agar mampu bangkit di masa pandemi Covid-19. Salah satu yang saat ini terus dikembangkan adalah Desa Biting di Ponorogo, Jawa Timur.

Direktur Jenderal Pembangunan Desa dan Perdesaan Sugito dalam kunjungan kerja ke Desa Biting mengaku bertekad mendorong pertumbuhan ekonomi bagi desa. "Salah satunya dengan mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki," katanya, Senin (27/9).

Baca juga : Hadapi Krisis Pandemi, Indonesia Beruntung Punya Modal Budaya

Sugito menuturkan, Desa Biting adalah desa yang awalnya desa tertinggal. Kemudian, di tangan inovasi Kepala Desa semua dikembangkan.

"Ini harus di-support baik oleh dana desa maupun intervensi kementerian. Sehingga memberikan manfaat untuk kesejahteraan masyarakat desa," ujarnya.

Baca juga : Ingat, Pandemi Belum Selesai

Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko mengatakan, bahwa tugas antara Kementerian PDTT dengan pemerintah Kabupaten Ponorogo dapat bersinergi bersama-sama dalam membangun negara berbasis desa.

"Disampaikan menteri desa langsung kepada saya, yang paling penting adalah bagaimana kita menghapus kemiskinan ekstrem di Ponorogo ini," ungkapnya.

Baca juga : Tokoh Adat Papua Minta Sandi Angkat Potensi Wisata Kaimana

Sekadar informasi, Desa Biting punya potensi yang bisa dikembangkan. Misalnya, Sumoro Bangun Flowers (SBF) yang menawarkan wisata dengan kearifan lokal ala desa Biting. Kawasan tersebut dilengkapi dengan gazebo, patung-patung binatang singa, kuda, tokoh wayang dan lainnya.

Terdapat pemandangan taman buatan serta sebuah jembatan pelangi untuk swafoto. Selain itu, pusat jualan kuliner menjadi penyempurna bagi pengunjung dalam memenuhi hasrat belanja di desa wisata andalan Jota Reog tersebut. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.