Dark/Light Mode

Luncurkan Logo Baru

Kemenkop UKM Canangkan Ekosistem Transformasi Koperasi Dan UMKM Masa Depan

Selasa, 28 September 2021 08:02 WIB
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. (Foto: Humas Kemenkop UKM)
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. (Foto: Humas Kemenkop UKM)

 Sebelumnya 
"Melalui simbol kemajuan yang modern, mari bersama-sama kita bangun Ekosistem untuk Transformasi Koperasi dan UMKM masa depan," tuturnya.

Logo ini, sambung Teten, diluncurkan untuk menandai transformasi UMKM masa depan, yang berbasis kreativitas dan inovasi teknologi.

Ini bukan sekadar perubahan logo. Kemenkop UKM juga mengubah banyak hal. Mulai dari tata kelola, hingga cara kerja yang berbasis pada ekosistem.

Baca juga : Dubes Iwan Bogananta, Buka Jalan Ekspansi Produk Kecantikan Ke Pasar Eropa

Dia berharap, UMKM dengan semangat baru dan logo baru, bisa memunculkan spirit, motivasi, dan inovasi baru. Teten juga berharap UMKM bisa menjadi tulang punggung ekonomi nasional dan lebih punya daya saing.

"Tulang punggung ekonomi nasional bukan hanya ketika krisis tapi juga penopang ekonomi nasional. Untuk itu produknya harus punya daya saing dan inovasi harus terus dilakukan," tegas Teten.

Dia menambahkan, dalam ekosistem baru, Kemenkop UKM akan terus adaptif dan berinovasi dalam berbagai program dan kebijakan dengan melakukan perubahan-perubahan yang berorientasi pada kepentingan publik.

Baca juga : Teten Ingin Literasi Pelaku Koperasi Dan UMKM Meningkat

Untuk itu, kementerian itu akan melakukan kolaborasi serta kerja sama yang dinamis dan terkoneksi antarekosistem lintas-kementerian, komunitas, profesional, insan koperasi, pelaku UMKM, serta masyarakat.

Berbagai program prioritas telah dilakukan Kemenkop UKM untuk mewujudkan kebijakan dan regulasi yang tepat, terukur, dan akuntabel.

Antara lain, mendorong terwujudnya Basis Data Tunggal KUMKM serta melakukan kemitraan dan kolaborasi dengan BUMN melalui peningkatan peran koperasi dan UMKM dalam rantai pasok global (global value chain) dan berorientasi ekspor.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.