Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ketua MPR Usul Pengawasan PPKM Utamakan Keselamatan Rakyat

Minggu, 26 September 2021 15:20 WIB
Lestari Moerdijat (Foto: ISt)
Lestari Moerdijat (Foto: ISt)

RM.id  Rakyat Merdeka - Upaya memastikan diri dan lingkungan bebas dari Covid-19, harus menjadi bagian dari keseharian di masa PPKM. Pembukaan kembali sejumlah kegiatan publik harus direncanakan secara matang, dengan mengedepankan keamanan dan keselamatan masyarakat.

"Pengawasan terhadap berbagai kegiatan yang diizinkan kembali saat PPKM, harus konsisten dan transparan, agar bisa berjalan sesuai dengan yang direncanakan," ujar Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat dalam keterangan resmi, Minggu (26/9).

Baca juga : Puan: Sekolah Jangan Curi Start PTM, Keselamatan Siswa Paling Utama

Prinsip lebih baik mencegah daripada mengobati dalam setiap berkegiatan, lanjut dia, harus benar-benar dikedepankan. Sehingga, tidak tercipta klaster baru covid-19 saat terjadi peningkatan aktivitas masyarakat di ruang publik.

Dalam upaya peningkatan aktivitas masyarakat di ruang publik, masyarakat harus memastikan dirinya terlindungi dari paparan covid-19. Itu dengan cara disiplin menerapkan protokol kesehatan. Seperti, memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun, serta sudah divaksin Covid-19.

Baca juga : KPK Usut Penganggaran PMD Banggar DPRD DKI Lewat Prasetyo Edi

Menurut Rerie, sapaan akrabnya, pemangku kepentingan juga harus konsisten menegakkan aturan dalam setiap kebijakan pelonggaran aktivitas masyarakat. Serta, melakukan pengawasan yang ketat, hingga mmenjalankan testing, tracing dan treatment.

Dalam setiap upaya pelonggaran kebijakan yang berdampak pada peningkatan aktivitas masyarakat, harus dipersiapkan dengan matang. Untuk menekan sekecil mungkin potensi penyebaran covid-19 di ruang publik. Persiapan itu dilakukan semua pihak, baik pemangku kepentingan, maupun masyarakat yang terlibat dalam sejumlah aktivitas.

Baca juga : Periksa Anies, KPK Dalami Usulan PMD Ke Perumda Sarana Jaya

"Masyarakat juga harus benar-benar mematuhi aturan dan konsisten menjalankan prokes. Kesiapan serupa juga dilakukan dalam kegiatan di ruang publik. Seperti, pembukaan kembali aktivitas di mal dan pusat perbelanjaan, bioskop, rumah makan, warung, hingga pembelajaran tatap muka," pungkas Rerie.

Lebih lanjut, dia menekankan bahwa partisipasi aktif semua elemen bangsa sangat dibutuhkan dalam meningkatkan kesadaran bersama. Dengan begitu, upaya pengendalian covid-19 di Tanah Air berjalan sesuai rencana. [EFI]

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.