Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Menhub Lantik 3.190 Perwira Transportasi Terpadu BPSDM

Rabu, 29 September 2021 14:47 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi melantik lulusan sekolah politeknik menjadi perwira transportasi terpadu BPSDM Perhubungan Tahun 2021 di Politeknik Penerbangan Indonesia di Curug, Tangerang, Banten, Rabu (29/7). (Foto: Kemenhub)
Menhub Budi Karya Sumadi melantik lulusan sekolah politeknik menjadi perwira transportasi terpadu BPSDM Perhubungan Tahun 2021 di Politeknik Penerbangan Indonesia di Curug, Tangerang, Banten, Rabu (29/7). (Foto: Kemenhub)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi (BKS) melantik 3.190 lulusan sekolah tinggi dan politeknik yang ada di bawah Kementerian Perhubungan. Ribuan lulusan ini dilantik menjadi perwira transportasi terpadu Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan Tahun 2021.

Pelantikan berlangsung secara online dan offline di Politeknik Penerbangan Indonesia di Curug, Tangerang, Banten, Rabu (29/7).

"Kami berharap agar seluruh perwira transportasi yang dilantik dapat menjadi agen perubahan transportasi yang mampu memajukan transportasi dan menyatukan Indonesia," kata BKS, sapaan akrab Budi Karya Sumadi.

Baca juga : KAI Dukung Integrasi Transportasi Untuk Konektivitas

Menhub mengatakan, sejalan dengan instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) membangun kualitas SDM di Indonesia untuk mewujudkan visi Indonesia Emas di 2045, Kemenhub secara konsisten melaksanakan pembangunan SDM Transportasi melalui 27 Lembaga Pendidikan dan pelatihan transportasi darat, laut dan udara serta kereta api yang tersebar di seluruh Indonesia.

Menurutnya, pelaksanaan pendidikan dan pelatihan transportasi bertujuan untuk mencetak insan transportasi yang unggul, inovatif dan berdaya saing.

"Memiliki pengetahuan, kemampuan, dan sikap yang berorientasi pada pelayanan transportasi berkeselamatan dan berkeamanan serta berpedoman kepada peraturan nasional maupun internasional sektor transportasi," ujarnya.

Baca juga : Peruri Gaet Telkom Perkuat Transaksi Keuangan Digital

Menhub menilai, melalui program pendidikan di sektor transportasi ini, Kemenhub mengupayakan terwujudnya keterhubungan dan kesesuaian (link and match) antara program diklat yang dilaksanakan, dengan kompetensi yang dibutuhkan oleh regulator, dunia usaha maupun pemangku kepentingan lainnya di sektor transportasi.

Secara rinci, dari total 3190 Perwira Transportasi yang dilantik, berasal dari:

A. Matra Darat

  1. Politeknik Transportasi Darat Indonesia-STTD yang terdiri dari 470 Taruna
  2. Politeknik Keselamatan Jalan Tegal yang terdiri dari 233 Taruna
  3. Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun yang terdiri dari 217 Taruna
  4. Polilteknik transportasi Sungai, Danau , dan Penyeberangan Palembang yang terdiri dari 122 Taruna

Baca juga : Harhubnas 2021, Angkasa Pura II Perkuat Sistem Transportasi Nasional

B. Matra Laut

  1. Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta yang terdiri dari 258 Taruna
  2. Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang yang terdiri dari 154 Taruna
  3. Politeknik Ilmu Pekayaran Makassar yang terdiri dari 218 Taruna
  4. Politeknik Pelayaran Surabaya yang terdiri dari 253 Taruna

C. Matra Udara

  1. Politeknik Penerbangan Indonesia Curug yang terdiri dari 597 Taruna
  2. Politeknik Penerbangan Medan yang terdiri dari 108 Taruna
  3. Politeknik Penerbangan Surabaya yang terdiri dari 348 Taruna
  4. Politeknik Penerbangan Makassar yang terdiri dari 212 Taruna

Para lulusan tersebut, dapat berkarir menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) baik pada Instansi Kemenhub maupun Pemerintah Daerah di Seluruh Indonesia. Selain itu, perwira juga akan bekerja pada bidang industri transportasi. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.