Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Menko Polhukam Kawal Presiden Jokowi Resmikan PLBN Sota

Senin, 4 Oktober 2021 07:41 WIB
Presiden Jokowi, Menko Polhukam Mahfud MD, dan Mendagri Tito Karnavian meresmikan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sota, Merauke, Minggu (3/10). (Foto: Instagram @mohmahfudmd)
Presiden Jokowi, Menko Polhukam Mahfud MD, dan Mendagri Tito Karnavian meresmikan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sota, Merauke, Minggu (3/10). (Foto: Instagram @mohmahfudmd)

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah membuka Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, Presiden Joko Widodo (Jokowi) terbang ke Merauke. Di Kabupaten paling timur di Indonesia ini, Presiden bersama Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD yang juga Ketua Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), meninjau perbatasan di Distrik Sota. Presiden Jokowi meresmikan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sota.

Turut menyertai Presiden Jokowi yakni Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Ketua DPR Puan Maharani, Menteri Investazi Bahlil Lahadalia, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Presiden Jokowi meresmikan PLBN dengan simbolis menabuh Tifa, alat musik tradisional Papua. PLBN Sota merupakan yang kedua dibangun di Papua, berbatasan dengan Papua Nugini. Sebelumnya ada PLBN Skouw di Jayapura, Papua.

Baca juga : Maruarar Ucapkan Terima Kasih Ke Jokowi Dan Megawati

Presiden Jokowi menyakini, kehadiran PLBN Sota akan meningkatkan keamanan di perbatasan negara. Selain itu, PLBN Sota juga diharapkan dapat berdampak pada masyarakat secara ekonomi.

"Semoga PLBN Sota mendorong pertumbuhan sentra-sentra perkonomian baru dan membuat masyarakat perbatasan semakin cinta dan bangga terhadap negara kita Indonesia," ujar Presiden Jokowi saat meresmikan PLBN Sota, Minggu (3/10).

PLBN juga diharapkan dapat meningkatkan pelayanan masyarakat. PLBN Sota disebut Presiden Jokowi, dibangun dengan sistem terintegrasi dan punya fasilitas lengkap. Antara lain bangunan komersial, fasilitas umum, fasilitas sosial, mes pegawai, tempat ibadah, pasar, jalan pedestrian, area parkir, dan infrastruktur pendukung lainnya.

Baca juga : Jokowi Resmikan Rumah Sakit Jenderal TNI L.B. Moerdani

"Saya berharap PLBN Sota memberi pelayanan yang lebih baik dan nyaman pada masyarakat Indonesia yang melintas perbatasan Indonesia menuju Papua Nugini," ungkap Jokowi.

Presiden Jokowi menyatakan, pembangunan PLBN menjadi salah satu fokus pemerintah Jokowi. Selama tujuh tahun terakhir, telah dibangun 8 PLBN di seluruh Indonesia.

"PLBN sebagai perwakilan wajah Indonesia juga menunjukkan komitmen pemerintah membangun Indonesia dari perbatasan," tutur Presiden Jokowi.

Baca juga : Main Bola Pada Pembukaan PON, Jokowi: Mari, Tunjukkan Prestasi!

"Dengan mengucap bismillahirohmanirohim dan dengan nama Tuhan Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, Pos Lintas Batas Negara Terpadu Sota saya nyatakan diresmikan," ucap Presiden Jokowi. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.