Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

PON Papua, Presiden Resmikan Istora Papua Bangkit

Sabtu, 2 Oktober 2021 10:19 WIB
Jokowi meninjau fasilitas olahraga di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, (foto:istimewa)
Jokowi meninjau fasilitas olahraga di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, (foto:istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Joko Widodo meresmikan Gedung Istora Papua Bangkit di Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua, Sabtu (2/10).

Presiden datang bersama Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, Ketua DPR, Puan Maharani, Kapolri Jenderal, Listyo Sigit Prabowo, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, Panglima TNI Marsekal TNI, Hadi Tjahjanto dan Menteri Investasi Indonesia, Bahlil Lahadalia.

Jokowi bersama rombongan tiba menggunakan mobil dinas sekitar pukul 09.15 WIT di depan pintu masuk Hall Barat Gedung Istora Bangkit. 

Baca juga : Sukses Di PON XX Papua, Bassam Makin Pede Ke Olimpiade Paris 2024

Agenda peresmian Gedung Istora berlangsung sekitar 15 menit hingga rombongan melanjutkan perjalanan ke lokasi lain.

"Lokasi Istora Bangkit dipilih Jokowi untuk mengawali kunjungan ke Papua. Beliau meresmikan gedung ini secara simbolis dari tujuh gedung olahraga lainnya yang dibangun menggunakan APBN di Papua," kata Ketua Harian PB PON Papua, Yunus Wonda dikutip Antara.

Yunus mengatakan, Istora Bangkit dimanfaatkan sebagai arena pertandingan cabang senam Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, selain enam gedung lainnya yang juga resmi beroperasi, yakni akuatik, kriket, sepatu roda, dayung dan panahan.

Baca juga : PMI Manufaktur RI Di Atas China, Menperin: Industri Bangkit Lagi

"Seluruh arena dibangun dengan standar internasional. Presiden berpesan kepada kami agar seluruh bangunan ini jangan sampai terbengkalai setelah PON selesai. Pemanfaatan harus optimal," katanya.

Menurut Yunus, Pemerintah menginginkan agar seluruh fasilitas olahraga yang kini tersedia di Papua, dimanfaatkan untuk pengembangan atlet daerah.

"Istora Bangkit ini memiliki pesan yang dalam untuk kami. Diharapkan ada kebangkitan setelah sekian lama tidak terlihat fasilitas olahraga. Sehingga Pemerintah membangun arena ini berskala internasional," katanya.

Baca juga : Angelo Pede Macan Kemayoran Terus Bangkit

Sejumlah lokasi lain yang juga dikunjungi Presiden Jokowi beserta rombongan adalah Papua Creative Youth Hub di Jalan Rajawali BTN Skyland Indah, Distrik Abepura, Kota Jayapura untuk kegiatan Groundbreaking serta Kantor Gubernur Provinsi Papua di Jalan Soa Siu Dok 2 Kota Jayapura untuk rapat kerja bersama pimpinan daerah.

Selain itu, Presiden  dijadwalkan membuka secara resmi perhelatan PON XX Papua di Standion Lukas Enembe, Kampung Harapan, Kelurahan Nolokla, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura. [MFA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.