Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Apresiasi DIA 2021, Menteri Sandi Sebut Bisa Picu Lahirnya Inovasi Digital

Kamis, 7 Oktober 2021 09:35 WIB
Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno
Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi Digital Innovation Award (DIA) yang diciptakan MNC Portal Indonesia. 

Baginya, acara ini dapat memicu lahirnya inovasi digital lain di berbagai bidang.

"Saya apresiasi sekali Digital Innovation Award (DIA) karya MNC Portal Indonesia. Mudah-mudahan program ini dapat menjadi pemicu lahirnya inovasi-inovasi digital di berbagai bidang," kata Sandiaga dalam keterangan resminya, Kamis (7/10). 

Eks Wagub DKI ini pun berterimakasih karena sudah dilibatkan dalam program DIA 2021 ini. 

Baca juga : Bersama Presiden, Menteri Siti Tanam Mangrove Di Riau

"Terima kasih juga sudah mengundang saya menjadi juri kehormatan pada DIA 2021. Ini merupakan acara yang sangat prestige dari MNC Portal Indonesia," ujarnya. 

Dia mengaku, salah satu bidang inovasi digital yang cukup penting dalam DIA 2021 ini adalah kategori digital innovation for disaster risk reduction. 

Menurutnya, inovasi untuk mitigasi bencana amatlah penting di Indonesia.

"Indonesia adalah negara yang banyak mengalami tantangan dari segi bencana yang silih berganti datang dan merupakan keniscayaan. Karena itu, inovasi digital di kategori ini sangatlah berguna bagi masyarakat luas," ungkap dia. 

Baca juga : Harhubnas 2021, Angkasa Pura II Perkuat Sistem Transportasi Nasional

Selanjutnya, kategori lain adalah digital innovation for public service. Menurut pria yang akrab disapa Mas Menteri ini, terkadang pelayanan publik menjadi tantangan bahwa pemimpin terpilih bukannya yang melayani publik, tetapi pemimpin yang ingin dilayani publik. 

"Ini harus disiasati dengan inovasi-inovasi digital. Termasuk juga pelibatan publik untuk menilai pelayanan publik yang dilakukan oleh kepala-kepala daerah," papar mantan cawapres 2019 lalu itu. 

Kategori berikutnya berkaitan erat dengan tugas Mas Menteri, yaitu digital innovation for tourism and travel. "Inovasi di bidang ini sangat dibutuhkan, baik untuk pemerintah maupun pentahelix," jelas Sandi. 

Sandiaga melanjutkan, kategori digital innovation for sustainable business yang dihadirkan di DIA 2021 pun sangat penting. Karena kedepannya, ekonomi Indonesia akan sangat bersinggungan dengan Sustainable Development Goals (SDG).

Baca juga : Menteri Sandi Bakal Uji Coba Buka Bioskop Pekan Ini

Dan terakhir kategori digital innovation for creative industries, termasuk selebritis. "Seperti Prabu Revolusi, dia merupakan selebgram sama istrinya. Mereka selalu mengunggah konten menarik di media sosial dan menjadi inspirasi kita semua," tutup Sandi. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.