Dewan Pers

Dark/Light Mode

Kemenpora Apresiasi Pemenang Kompetisi Inovasi Teknologi Terapan 2021

Jumat, 10 September 2021 09:09 WIB
Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Kemenpora Chandra Bhakti saat memberikan penghargaan. (Foto: Kemenpora)
Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Kemenpora Chandra Bhakti saat memberikan penghargaan. (Foto: Kemenpora)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memberikan penghargaan kepada pemenang Kompetisi Nasional Inovasi dan Teknologi Terapan Olahraga Tahun 2021, Kamis (9/9) di Hotel Grand Sahid, Jakarta.

Pada kompetisi ini ada dua kategori utama yakni digital technology dan engineering. Masing-masing kategori dibagi lagi ke dalam 3 bidang yakni olahraga prestasi, olahraga pendidikan, dan olahraga rekreasi.

Masing-masing pemenang mendapatkan trofi dan piagam serta hadiah berupa uang tunai. Juara I,II, dan III di masing-masing kategori akan menerima hadiah sebesar Rp 35 juta, Rp 25 juta, dan Rp 20 Juta.

Berita Terkait : Kemenpora-ISORI Gelar Kompetisi Inovasi Teknologi Terapan Olahraga 2021

Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Kemenpora Chandra Bhakti mengatakan kompetisi nasional inovasi dan teknologi terapan olahraga dapat berjalan lancar dan sudah menghasilkan apa yang menjadi harapan Kemenpora. Untuk itu, ia pun mengucapkan selamat kepada pemenang kompetisi tersebut.

"Saya mengucapkan selamat kepada para pemenang Kompetisi Nasional Inovasi dan Teknologi Terapan Olahraga Tahun 2021. Dan yang belum juara jangan patah semangat, ini hanya soal waktu saja. Jadi yang belum dapat kesempatan juara masih bisa mengikuti tahun depan," ucapnya

. "Kita berkomitmen bahwa kompetisi ini menjadi agenda tahunan Kemenpora. Karena apa yang mereka hasilkan ini adalah sebuah produk buatan anak bangsa. Oleh karena itu, kita harus mendorong produk-produk lokal khususnya industri olahraga untuk terus berkembang bahkan bisa dikenal di luar negeri," tambahnya.

Berita Terkait : Politisi PKB Minta Manajemen Keamanan Diperbaiki

Pada kesempatan tersebut, Deputi Chandra menyampaikan pesan Menpora Amali kepada para peserta untuk terus berkreativitas. "Saya menyampaikan pesan Pak Menteri untuk terus berkreativitas dalam memberikan kontribusi bagi kemajuan olahraga nasional, baik itu olahraga pendidikan, rekreasi maupun prestasi,' tutupnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Juri Tandiyo Rahayu terhitung sejak tanggal 26 Agustus hingga 8 September 2021 dewan juri telah melakukan penilaian atas semua karya yang terdaftar sebagai peserta kompetisi ini.

"Perlu kami sampaikan pula bahwa peserta kompetisi kali ini memiliki latar belakang dan profesi yang sangat beragam dan berasal dari berbagai perguruan tinggi, guru pendidikan jasmani, profesional dalam bidang keolahragaan dan ada pula yang berasal dari sektor swasta,' ucapnya.

Berita Terkait : NOC Apresiasi Capaian Atlet Indonesia Di Paralimpiade Tokyo 2020

Menurutnya, kompetisi adalah kegiatan yang sangat strategis untuk membangkitkan potensi kreatif dan inovatif dalam karya di bidang olahraga. 'Bilamana sektor kreatif inovatif ini memperoleh akses yang tepat untuk bisa muncul dan dikenali melalui ajang kompetisi nasional semacam ini maka niscaya semua akan dapat ikut berperan mengisi dan memberi kontribusi yang signifikan dalam implementasi Desain Besar Oahraga Nasional," ucapnya.

Iapun berharap kompetisi semacam ini dapat menjadi agenda rutin yang diselenggarakan tiap tahun. "Saya berharap kompetisi ini bisa menjadi agenda rutin Kemenpora. Dan Kemenpora dapat menjembatani bagi para juara untuk mengakses pemilik modal dan dunia industri agar bisa mengembangkan produknya," katanya. [IPL]