Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dikunjungi Sandi, Wisata Di Gunungkidul Siap Dibuka

Senin, 11 Oktober 2021 21:29 WIB
Menparekraf, Sandiga Uno didampingi Bupati Gunungkidul, Mayor Sunaryanta mengunjungi kawasan Desa Wisata Ngalanggeran di Gunungkidul, Senin (11/10)
Menparekraf, Sandiga Uno didampingi Bupati Gunungkidul, Mayor Sunaryanta mengunjungi kawasan Desa Wisata Ngalanggeran di Gunungkidul, Senin (11/10)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tanpa lelah, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiga Uno terus melakukan kunjungan ke sejumlah daerah untuk bangkitkan wisata di tengah pandemi Covid-19. 

Kali ini, Sandi didampingi Bupati Gunungkidul, Mayor  Sunaryanta mengunjungi kawasan Desa Wisata Ngalanggeran di Gunungkidul Jawa Tengah.

Sandi  menilai, Desa Wisata Nglanggeran telah siap kembali untuk dibuka. Sehingga, mantan Wakil Gubernur DKI ini meminta kepada Dinas Pariwisata (Dispar) DIY untuk segera mengajukan Nglanggeran untuk dilakukan pembukaan ujia coba terbatas ke Pemerintah Pusat. 

Baca juga : Dikunjungi Sandi, Penulis Lontar Bali Panjatkan Doa Khusus

"Saya kira obyek wisata Ngalanggeran ini siap untuk kembali dibuka," ujar Sandi, Senin Senin (11/10).

Menurut Sandi, untuk pembukaan objek wisata memang telah diatur oleh Pemerintah Pusat. Di mana pengajuan uji coba terbatas tersebut sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) yang telah disampaikan sebelumnya.

"Khususnya bagi wilayah yang menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3, seperti Gunungkidul, yang mengikuti aglomerasi DIY,"paparnya.

Baca juga : Dari Ujung Ngawi Sampai Banyuwangi, Jatim Kuning Semua

Sandi menandaskan, untuk wilayah PPKM Level 3 perlu melakukan pengajuan ke pusat jika ingin membuka kembali wisata dengan Uji Coba Terbatas. Sedangkan jika di Level 2, pembukaan bergantung pada pemerintah daerah setempat.

Beberapa syarat harus dipenuhi jika ingin melakukan pembukaan, di antaranya adalah sertifikat CSHE. Di samping itu juga harus disiplin protokol kesehatan (prokes) demi mencegah penyebaran covid19 di obyek wisata.

Tiga Bulan Tutup

Baca juga : Disapu Angin Kencang, Puluhan Rumah Warga Di Sulut Rusak

Sementara Bupati Gunungkidul, Mayor Sunaryanta berharap Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (kemenkraf) memberikan rekomendasi uji coba buka tempat-tempat wisata di Gunungkidul yang sudah lebih dari 3 bulan ditutup total. 

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul sudah mengajukan sebagian kawasan pantai, goa, hingga wisata alam lainnya untuk uji coba terbatas. 

"Semoga destinasi wisata yang ada di Gunungkidul ini dengan diberlakukannya PPKM level 3 bisa diberikan izin dibuka.," kata Eks ajudan Ryamizard Ryacudu ini. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.