Dark/Light Mode

Teken Kerja Sama Dengan 5 K/L

Kemendag Dorong Ekspor Produk Dekorasi Rumah Dan Furnitur Buatan UKM

Selasa, 12 Oktober 2021 08:21 WIB
Penandatanganan virtual kerja sama antara Kemendag dengan lima kementerian/lembaga untuk meningkatkan ekspor UKM. (Foto: Dok. Kemendag)
Penandatanganan virtual kerja sama antara Kemendag dengan lima kementerian/lembaga untuk meningkatkan ekspor UKM. (Foto: Dok. Kemendag)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Perdagangan (Kemendag) menandatangani perjanjian kerja sama program akselerasi ekspor untuk produk dekorasi rumah dan furnitur kecil dengan lima kementerian/lembaga (K/L). Yaitu dengan Kementerian Perindustrian, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI), dan Business and Export Development Organization (BEDO).

Program kerja sama yang disebut "Akselerasi Usaha Kecil dan Menengah/Industri Kecil dan Industri Menengah Siap Ekspor (Aku Siap Ekspor)" ini ditandatangani secara virtual, Jumat (8/10). Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kemendag Didi Sumedi optimistis, program kerja sama ini akan mendorong naik ekspor produk dekorasi rumah dan furnitur kecil.

“Melalui kerja sama ini, Kemendag bersama instansi lainnya bersinergi memfasilitasi para pelaku usaha produk dekorasi rumah dan furnitur kecil Indonesia melalui pembinaan intensif agar dapat masuk ke pasar Amerika Serikat, Kanada, Australia, Afrika Selatan, dan pasar-pasar internasional lainnya,” ujar Didi, dalam keterangan yang diterima redaksi, Selasa (12/10).

Didi menjelaskan, program Aku Siap Ekspor ditujukan bagi usaha kecil dan menengah (UKM) dan industri kecil menengah (IKM) untuk membantu menyusun rencana pemasaran yang mempertimbangkan target pasar, sehingga pelaku usaha mendapatkan pembeli mancanegara. Program ini didesain khusus bagi perusahaan yang masih di fase awal dalam persiapan ekspor.

Penandatanganan kerja sama dilakukan serentak secara virtual oleh Didi Sumedi, Sekjen Kementerian Perindustrian Dody Widodo, Deputi Bidang Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf Nia Niscaya, Sekjen Dekranas Gati Wibawaningsih, Ketua Presidium HIMKI Abdul Sobur, dan Ketua Yayasan BEDO Jeff Kristianto.

“Sebagai salah satu sektor penyumbang peningkatan ekonomi yang besar di Indonesia, produk dekorasi rumah dan furnitur memiliki peran yang sangat penting bagi Indonesia. Oleh sebab itu, kami memandang perlunya peningkatan daya saing ekspor produk tersebut,” lanjut Didi.

Penandatanganan ini merupakan kegiatan puncak dari rangkaian lokakarya luring bertema “Product Development and Trade Fair Participation” yang diadakan di tujuh kota di Indonesia yaitu Tangerang, Depok, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, dan Bogor. Program Aku Siap Ekspor merupakan pembinaan ekspor UKM dan IKM agar dapat menyusun rencana pemasaran ekspor sesuai target pasar, sehingga bisa mendapat pembeli mancanegara, baik saat pameran maupun riset secara daring.

Program ini telah dilaksanakan sejak Juni 2021, dimulai dengan sosialisasi kepada pelaku usaha dekorasi rumah dan furnitur kecil di seluruh Indonesia. Hasilnya, 114 peserta program terseleksi akan dibimbing secara langsung oleh pelatih dan mentor berpengalaman di industri dekorasi rumah dan furnitur kecil yang merupakan anggota Dekranas, HIMKI, dan BEDO.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.