Dark/Light Mode

Teken Kerja Sama Dengan 5 K/L

Kemendag Dorong Ekspor Produk Dekorasi Rumah Dan Furnitur Buatan UKM

Selasa, 12 Oktober 2021 08:21 WIB
Penandatanganan virtual kerja sama antara Kemendag dengan lima kementerian/lembaga untuk meningkatkan ekspor UKM. (Foto: Dok. Kemendag)
Penandatanganan virtual kerja sama antara Kemendag dengan lima kementerian/lembaga untuk meningkatkan ekspor UKM. (Foto: Dok. Kemendag)

 Sebelumnya 
Titik berat program ini adalah fase persiapan ekspor. Fase tersebut meliputi penguatan internal organisasi UKM, pendampingan penyusunan strategi dan rencana ekspor, praktik bisnis dan negosiasi, serta materi-materi pendukung lainnya.

Sekjen Kemenperin Dody Widodo menyampaikan apresiasi ke segenap pihak yang terlibat sehingga program Aku Siap Ekspor dapat terlaksana. “Kami mengapresiasi inisiasi Kemendag atas kerja sama yang ditandatangani bersama, juga kepada semua pihak yang terlibat dalam program. Kami ucapkan selamat juga kepada 114 pelaku usaha yang terpilih dalam program Aku Siap Ekspor, kami harapkan seluruh peserta berkomitmen terhadap program ini sehingga target yang telah ditetapkan dapat tercapai,” ungkap Dody. 

Sekjen Dekranas Gati Wibawaningsih menyampaikan harapan agar para pelaku usaha dapat memanfaatkan program Aku Siap Ekspor sebaik-baiknya. “Ini adalah program yang baik yang bisa dimanfaatkan peserta untuk menggali pengetahuan dalam mempersiapkan diri memasuki pasar global. Silakan dimanfaatkan sebaik mungkin,” kata Gati. 

Deputi Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf Nia Niscaya memaparkan, produk dekorasi rumah termasuk dalam subsektor ekonomi kreatif yaitu subsektor kriya, yang kontribusinya paling besar bersama dengan subsektor kuliner dalam perekonomian. Nia mengharapkan, kolaborasi dan sinergi antarakementerian/lembaga ini bisa memberi inspirasi bagi lembaga-lembaga lain untuk bergotong royong mendukung peningkatan perekonomian melalui program-program bersama.

“Indonesia sangat terkenal di mancanegara untuk produk dengan craftsmanship tinggi yang bersumber dari budaya Indonesia yang turun-temurun. Peningkatan ekspor dari subsektor kriya tentu saja akan sekaligus meningkatkan promosi budaya Indonesia budaya,” kata Nia.

Direktur Kerja Sama Pengembangan Ekspor Kemendag Marolop Nainggolan berharap, pengetahuan yang didapat UKM peserta dari program ini akan bermanfaat melipatgandakan kinerja ekspor mereka.

Baca juga : KPK Buka Pintu Kerja Sama Dengan IM57 Institute Bentukan Novel Baswedan Cs

“Diharapkan dengan adanya program Aku Siap Ekspor ini, pelaku usaha dekorasi rumah dan furnitur kecil Indonesia dapat memperoleh pengetahuan untuk dapat mengekspor produknya ke pasar internasional dari para tenaga ahli yang terlibat dan meningkatkan omzet sebanyak tiga kali lipat,” ujar Marolop. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.