Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dibuka Jokowi, Pemkab Taput Pamerkan Produk Unggulan UMKM Di Senayan

Rabu, 20 Oktober 2021 23:56 WIB
Bupati Tapanuli Utara,  Nikson Nababan didampingi Mendagri Tito Karnavian ikut menghadiri pembukaan AOE 2021 di Istana Negara menyambut baik seluruh rangkaian kegiatan.
Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan didampingi Mendagri Tito Karnavian ikut menghadiri pembukaan AOE 2021 di Istana Negara menyambut baik seluruh rangkaian kegiatan.

RM.id  Rakyat Merdeka - Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) menggelar APKASI Otonomi Expo (AOE) 2021 dengan tema “Daerah Bangkit Indonesia Maju”,di Hall A, Jakarta Convention Center, Rabu (20/10).

Acara ini dibuka oleh Presiden Jokowi di Istana Bogor dan dihadiri oleh seluruh bupati Indonesia.. AOE 2021 diharapkan menjadi instrumen kebangkitan ekonomi di tengah pandemi.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi meminta agar daerah bisa memanfaatkan pasar ekspor untuk memperkenalkan produk-produk lokal ke negara-negara lain.

Baca juga : Dibuka Jokowi, 587 Peserta Perebutkan Piala Bergilir Utsawa Dharmagita 2021

Presiden mengatakan, bahwa setiap daerah harus fokus pada produk-produk unggulannya sehingga nantinya bisa berjalan saling menopang, saling mengisi dan saling melengkapi. “Daerah juga diminta untuk turut meningkatkan ekspor,” pintah Jokowi.

Bupati Tapanuli Utara (Taput),  Nikson Nababan yang ikut menghadiri pembukaan AOE 2021 di Istana Negara menyambut baik seluruh rangkaian kegiatan.

“Bagi saya ini adalah peluang bagi seluruh daerah untuk saling bersinergi dan mengenalkan potensi-potensi yang ada,” katanya.

Baca juga : Pria Nekat Foto Dekat Induk Beruang, Dipenjara

Pada AOE tahun 2021 ini, Tapanuli Utara satu-satunya Pemda dari Provinsi Sumatera Utara yang ikut berpartisipasi dalam yang memamerkan produk-produk unggulan,  seperti produk UMKM antara lain hasil tenunan ulos, tas berbahan ulos dan pakaian berbahan ulos yang sebagian besar dirancang khusus oleh Ketua TP PKK Satika Simamora dan juga ada hasil alam Taput antara lain, seperti kemenyan, nenas, wine coffee, bubuk kopi,  kacang sihobuk,  andaliman dan air mineral kemasan Protio.

Ke depannya, Nikson akan terus mendorong upaya pengenalan dan promosi Tapanuli Utara  lewat acara-acara berskala nasional dan internasional.

“Horas masyarakat Batak, khususnya masyarakat asal Tapanuli Utara yang berada di perantauan, silahkan berkunjung melihat hasil karya UMKM dan hasil bumi Taput dan silahkan datang dan boleh  memberikan saran dan pendapat untuk kami Pemerintah Kabupaten  Tapanuli Utara untuk lebihbaik ke depan,” ujar Nikson.

Baca juga : Duta Putra Land Sediakan Hunian Milenial Di Selatan Jakarta

Pada kesempatan itu, Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian  mengunjungi Stand Tapanuli Utara. 

Eks Kapolri ini sangat antusias dengan potensi yang dipamerkan, bahkan membawa pulang andaliman, wine coffee, kopi bubuk dan hasil tenun ulos berupa Jaket dan kemeja khas Tapanuli Utara. [MFA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.