Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jadi Wadah Moderasi Beragama

Wapres Ma'ruf Apresiasi Gelaran AICIS Ke-20

Senin, 25 Oktober 2021 13:47 WIB
Wapres KH Maruf Amin. (Foto: Instagram)
Wapres KH Maruf Amin. (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - The 20th Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS), alias Konferensi Internasional Studi Islam 2021 resmi dibuka secara virtual oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin, di The Sunan Hotel Solo, pada Senin (25/10).

Pagelaran yang bertemakan Islam in a Changing Global Context: Rethinking Fiqh Reactualization and Public Policy ini dihadiri langsung oleh Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas dan Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka.

Ma'ruf mengapresiasi terhadap topik utama dalam penyelenggaraan AICIS 2021 di tengah pandemi Covid-19. Menurutnya, imbas Covid-19 telah berdampak pada setiap segi kehidupan masyarakat, tak terkecuali di Indonesia.

Baca juga : Jokowi Tanam Mangrove Bersama Para Dubes Dan Pegiat Lingkungan Di Kaltara

Untuk itu, pemerintah perlu mengambil langkah bersifat extraordinary untuk menghadapi hal ini.

"Perlu masukan-masukan dari segi medis dan non-medis. Di sini, peran dari syariat Islam yang kontekstual sangat diperlukan guna memberikan rekomendasi serta masukan untuk hal tersebut. Peran fiqih diharapkan juga mampu menguatkan solusi atas dampak Covid bagi kehidupan umat manusia,” ujar Ma'ruf dalam keterangannya, Senin (25/10).

Senada diungkapkan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Dia mengapresiasi penyelenggaraan gelaran AICIS kali ini. Menurut dia, AICIS ini adalah wadah intelektual untuk mengundang sejumlah ilmuwan dan guru besar sebagai pemerhati studi keislaman.

Baca juga : Basarah Harap Mahasiwa Belajar Moderasi Beragama Dari Cak Nur

Politisi PKB itu berharap AICIS dapat menjadi miniatur studi keislaman di Tanah Air. "Kami terbuka terhadap kritik dan bersikap moderat. Kami berharap, AICIS kali ini dapat menjadi wahana untuk sikap moderasi beragama, wadah destinasi keilmuan bagi sejumlah PTKI di Indonesia, serta meningkatkan jejaring akademis,” ungkap Yaqut.

Pasca acara pembukaan, gelaran AICIS dilanjutkan dengan konferensi dengan mengundang keynote speech dari International Islamic University Islamabad, Pakistan, Mohammad Khalid Mas’ud, serta beberapa Discussion on Stage (OSD) dan panel paralel secara online.

Selanjutnya, AICIS 2021 kali ini akan digelar pada 25 Oktober-28 Oktober 2021. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.