Dark/Light Mode

Kata Gus Yaqut

Lewat Moderasi Beragama Anak Muda Berperan Penting Memperkuat Persatuan Bangsa

Jumat, 8 Oktober 2021 17:36 WIB
Pertemuan pemimpin muda Kader Bangsa Fellowship Program (KBFP) Angkatan 9. (Foto: Ist)
Pertemuan pemimpin muda Kader Bangsa Fellowship Program (KBFP) Angkatan 9. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anak muda memiliki peran penting untuk menguatkan toleransi dan moderasi bagi persatuan dan kesatuan bangsa. Konsep moderasi dan toleransi mendorong umat beragama di Indonesia untuk berada di jalur tengah atau moderat.

Hal ini disampaikan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas saat menjadi narasumber dalam pertemuan pemimpin muda Kader Bangsa Fellowship Program (KBFP) Angkatan 9 yang dilakukan secara hybrid, Kamis (7/10).

Baca juga : Sandiaga Ajak Anak Muda Bangun Usaha Di Wisata Desa Dieng

"Kalau kita mau lihat masa depan Indonesia maka kita harus melihat kualitas dan kiprah anak mudanya. Kenapa? Karena jumlah anak muda yang besar dan semangat mereka dalam berpartisipasi akan sangat menentukan," ujar menteri yang kerap dipanggil Gus Yaqut ini.

"Kita ingin anak muda semakin berperan dalam menjahit persatuan dan kebangsaan, menghancurkan intoleransi dan memperkuat moderasi khususnya dalam hal menghargai perbedaan," imbuhnya.

Baca juga : BPIP: Anak Muda Berperan Dalam Mempersatukan Bangsa

Yaqut menjelaskan, konsep moderasi beragama bertujuan untuk mendorong titik temu antara berbagai kelompok yang berbeda dalam masyarakat.

Dengan menghargai perbedaan dan kemajemukan maka harmoni dalam masyarakat, kekokohan kebangsaan dan kesejahteraan sosial dapat diwujudkan lebih baik.

Baca juga : Jaga Kedaulatan NKRI, HNW Ingatkan Pentingnya Rawat Persatuan Umat

"Hal ini perlu disampaikan tidak hanya melalui cara konvensional. Sehingga kami di Kemenag melakukan adaptasi dan melakukan langkah dengan melakukan transformasi digital agar proses konsolidasi, sosialisasi dan pelayanan dapat berjalan dengan optimal," bebernya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.