Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bappenas Dorong Keterlibatan Milenial Dalam Upaya Perbaikan Gizi

Rabu, 27 Oktober 2021 11:16 WIB
Seminar daring dan luring bertajuk Milenial dan Generasi Z Sadar Gizi, yang digelar Bappenas, Selasa (26/10). (Foto: Dok. Bappenas)
Seminar daring dan luring bertajuk Milenial dan Generasi Z Sadar Gizi, yang digelar Bappenas, Selasa (26/10). (Foto: Dok. Bappenas)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menyelenggarakan seminar daring dan luring bertajuk “Milenial dan Generasi Z Sadar Gizi”. Secara luring, acara ini diikuti perwakilan Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) Provinsi Bali serta organisasi non-pemerintah setempat. Secara dari, seminar dihadiri perwakilan 26 Kementerian/Lembaga serta Scaling Up Nutrition Networks (SUN) Indonesia.

Jelang peringatan Sumpah Pemuda pada 28 Oktober, Bappenas mengingatkan pentingnya keterlibatan kaum muda dalam upaya perbaikan gizi. Milenial dan generasi Z dengan status gizi yang baik memiliki potensi menjadi sumber daya manusia (SDM) unggul dan berdaya saing di masa depan.

Perbaikan gizi remaja melalui intervensi gizi spesifik dan sensitif menjadi salah satu fokus sasaran program percepatan penurunan stunting,” ujar Deputi Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat, dan Kebudayaan Kementerian PPN/Bappenas, Subandi Sardjoko, dalam pembukaan acara tersebut, seperti keterangan yang diterima redaksi, Rabu (27/10).

Baca juga : Lestari Dorong Pemerintah Masimalkan Potensi Daerah

Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo menyatakan hal yang sama. Dia mengutip pernyataan Presiden Jokowi bahwa keluarga muda yang berkualitas menjadi kunci terwujudnya Indonesia Emas.

“Upaya untuk memetik bonus demografi sangat ditentukan generasi muda. Missed bonus demografi harus dicegah. Salah satunya dengan mencegah stunting,” ujar Hasto.

Selain itu, hadir pula Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Bali I Wayan Wiasthana Ika Putra. Wayan menyebutkan pentingnya dukungan lembaga tradisional perkumpulan generasi muda Bali (Sabha Yowana) dalam upaya perbaikan gizi. Bahkan, Pemprov Bali telah berkomitmen dalam upaya percepatan penurunan stunting yang tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Gubernur Nomor 375 tahun 2021.

Baca juga : Menpora Puji Pembangunan Kepemudaan Di Kendal Berbasis Santri Kreatif

Acara dilanjutkan dengan tiga diskusi panel yang membahas berbagai program perbaikan gizi untuk pemuda, baik yang dilakukan pemerintah maupun inisiatif aktor non pemerintah. Hasil diskusi kemudian disampaikan oleh masing-masing moderator di akhir sesi panel.

Tiga poin penting yang dihasilkan dari sesi diskusi dalam membangun milennial dan generasi Z yang sadar gizi antara lain  pentingnya komunikasi perubahan perilaku dan penyusunan pesan kunci yang sesuai dengan karakteristik pemuda, program yang berorientasi pada peningkatan rasa kepemilikan serta dukungan teman sebaya, dan diperlukan dukungan dari berbagai pemangku kepentingan untuk memastikan kegiatan gizi remaja dapat dilakukan secara terintegrasi dan diterapkan dalam skala besar. Acara diakhiri dengan laporan penutup yang disampaikan Direktur Kesehatan dan Gizi Masyarakat Kementerian PPN/Bappenas Pungkas Bahjuri Ali.

Seminar ini merupakan bagian dari rangkaian acara Scaling Up Nutrition (SUN) Annual Meeting tahun 2021. SUN Annual Meeting merupakan wadah berbagi pengalaman dan pembelajaran dalam percepatan perbaikan gizi di Indonesia. Kegiatan yang diselenggarakan pertama kali pada 2019 ini melibatkan berbagai pemangku kepentingan, seperti pemerintah, mitra pembangunan, dunia usaha, organisasi masyarakat sipil, akademisi, serta organisasi profesi.

Baca juga : Kemenkop Dukung Percepatan Legalitas Usaha Bagi Pelaku Jasa Pramuwisata

Tahun ini, SUN Annual Meeting mengangkat tema “Satu Dekade Melangkah Bersama”. Tema ini sesuai momentum sepuluh tahun Indonesia bergabung dengan gerakan global Scaling Up Nutrition. Rencananya, puncak acara SUN Annual Meeting akan digelar pada akhir November 2021. Seluruh informasi terkait SUN Annual Meeting 2021 dapat ditemukan di https://sunam2021.cegahstunting.id/. [KW]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.