Dewan Pers

Dark/Light Mode

Kualitas Runway Turun

Revitalisasi Bandara Halim Untuk Tingkatkan Keselamatan

Jumat, 5 Nopember 2021 21:13 WIB
Dirjen Perhubungan Udara Novie Riyanto (Foto: Istimewa)
Dirjen Perhubungan Udara Novie Riyanto (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana merevitalisasi Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, guna meningkatkan faktor keselamatan penerbangan. Hal ini dilakukan mengingat Bandara Halim punya fungsi yang vital, namun terjadi penurunan kualitas elemen bandara terutama runway.

Pembahasan intensif mengenai revitalisasi tengah dilakukan dengan berkoordinasi bersama Kementerian Pertahanan, TNI Angkatan Udara, Kementerian Keuangan, Sekretariat Negara, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), PT Angkasa Pura II (Persero), serta pemangku kepentingan terkait lainnya.

Berita Terkait : Hakim Ingatkan Jaksa Jangan Asal Terapkan Hukum

"Kami sedang menyiapkan desain sisi udara seperti rekonstruksi runway dan perbaikan sistem drainase. Hal-hal ini tengah kami bahas dengan berbagai pihak," ujar Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Novie Riyanto, di Jakarta, Rabu (3/11).

Novie menambahkan, saat ini tengah dibahas berbagai hal yang harus dipersiapkan terkait dampak proses revitalisasi tersebut, yang memerlukan waktu kurang lebih satu tahun. Hal ini untuk memastikan keselamatan, dan pelayanan terbaik dapat dipenuhi.

Berita Terkait : Jokowi Ajak Dunia Kelola Hutan Untuk Pembangunan Berkelanjutan

Rencana operasionalisasi dan lain-lain akan disampaikan setelah pembahasan bersama Kementerian dan Lembaga terkait. [USU]