Dewan Pers

Dark/Light Mode

Kemenko Perekonomian Komit Penuhi Hak Masyarakat Atas Informasi Kebijakan

Sabtu, 6 Nopember 2021 22:32 WIB
Ajang Anugerah Media Humas (AMH) Tahun 2021 yang digelar Kemkominfo, di Bali, Kamis (4/11). (Foto: Kemenko Perekonomian)
Ajang Anugerah Media Humas (AMH) Tahun 2021 yang digelar Kemkominfo, di Bali, Kamis (4/11). (Foto: Kemenko Perekonomian)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian) senantiasa berkomitmen memberikan kinerja yang terbaik dalam melakukan komunikasi publik agar dapat menjadi referensi utama dalam pemberitaan kebijakan perekonomian Indonesia. Terlebih, di masa pandemi Covid-19, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menjabat sebagai Ketua Komite Penanganan Pengendalian Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN). Dedikasi ini diwujudkan dengan secara terus-menerus menyampaikan seluruh upaya, kebijakan, dan informasi terbaru terkait penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional ke publik melalui website resmi maupun seluruh platform media sosial Kemenko Perekonomian.

Dalam ajang Anugerah Media Humas (AMH) Tahun 2021 yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) di Bali, Kamis (4/11), upaya Kemenko Perekonomian tersebut diapresiasi dengan raihan Predikat Terbaik II untuk Kategori Siaran Pers (Media Online) dari seluruh Kementerian/Lembaga, BUMN, BUMD, dan Perguruan Tinggi Negeri.

Berita Terkait : Popok Baby Happy Edukasi Masyarakat Cegah Ruam Bagi Si Kecil

Ajang AMH yang diselenggarakan dengan penerapan protokol kesehatan ketat tersebut digelar demi peningkatan kualitas komunikasi publik Pemerintah sesuai amanat Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Komunikasi Publik. Penghargaan ini diberikan untuk mengapresiasi hasil karya humas Pemerintah seluruh Indonesia, menciptakan semangat kompetisi positif di lingkungan humas yang berbasis kinerja, memberikan ruang dan peluang bagi peningkatan kualitas kinerja humas Pemerintah, dan memperkuat peran humas Pemerintah dalam melakukan diseminasi informasi terkait program penanganan pandemi Covid-19.

“Capaian ini merupakan wujud komitmen nyata Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian untuk terus memenuhi hak masyarakat dalam memperoleh informasi-informasi terbaru terkait dengan kebijakan Pemerintah. Apalagi di masa pandemi Covid-19, mulai dari hasil evaluasi PPKM, informasi terbaru terkait bantuan sosial, adanya audiensi dari masyarakat ke Pemerintah, semua informasi publik tentang penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional kami sampaikan kepada masyarakat secara terus-menerus,” ungkap Sekretaris Kemenko Perekonomian Susiwijono Moegiarso, dalam keterangan yang diterima RM.id, Sabtu (6/11).

Berita Terkait : Ketika Pebisnis Mendikte Kebijakan

Dia menegaskan, selalu tumbuh dan berkembang untuk menjadi lebih baik dari yang sebelumnya adalah sebuah keharusan. Apresiasi ini menjadi tambahan motivasi dan momentum bagi Kemenko Perekonomian untuk terus berkarya dalam memberikan yang terbaik dalam komunikasi publik bagi seluruh masyarakat. Tidak hanya melalui siaran pers, tetapi juga melalui media sosial, website, dan upaya komunikasi publik lainnya.

Kemenko Perekonomian menegaskan, penghargaan kategori Siaran Pers ini bukanlah hasil kerja individual. Ada peran media yang sangat penting dalam menjembatani informasi dari Pemerintah kepada seluruh masyarakat. Pihaknya pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh media elektronik maupun cetak atas kerja sama selama ini sehingga setiap informasi yang disampaikan Pemerintah dapat sampai kepada masyarakat dengan baik.

Berita Terkait : Pimpinan DPRD Riau Ini Ajak Masyarakat Doakan Kesembuhan SBY

“Kami juga berterima kasih kepada Kemkominfo atas penghargaan yang diberikan. Menjadi kebanggaan kami untuk dapat terus mengabarkan dan memberikan informasi yang dibutuhkan, lengkap, dan mudah dipahami oleh masyarakat atas kebijakan Pemerintah, khususnya terkait dengan perekonomian di Indonesia,” pungkas Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi, dan Persidangan Haryo Limanseto. [USU]