Dark/Light Mode

Masih Ada 3.000 Kuota Nih Buat UMKM Yang Mau Bantuan Rp 50 Juta

Selasa, 9 November 2021 20:53 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno, saat mengunjungi Danau Toba, Sumatera Utara. (Foto: Instagram).
Menparekraf Sandiaga Uno, saat mengunjungi Danau Toba, Sumatera Utara. (Foto: Instagram).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengucurkan dana sebesar Rp 50 juta untuk membantu menstimulasi pengembangan dan pemasaran produk bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Hal itu disampaikan Menparekraf Sandiaga Uno saat menghadiri kegiatan lokakarya "KaTa Kreatif Indonesia" di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut).

Sandi menjelaskan, bantuan tersebut merupakan salah satu bentuk perwujudan dari Program Bangga Buatan Indonesia yang telah diluncurkan pada awal tahun 2021. Tujuannya, mendorong UMKM lebih berkembang ke depan.

Baca juga : Kasus Harian Naik 2 Kali Lipat, Yang Sembuh Turun Separo

Saat ini, dibeberkannya, masih tersisa 3.000 sampai 3.500 kuota untuk UMKM yang akan diberikan bantuan Rp 50 juta tersebut.

Untuk itu, ia meminta para pelaku UMKM, khususnya di Sumut, agar segera mendaftarkan ke Kemenparekraf untuk mendapatkan dana bantuan itu.

Ia menambahkan, pemerintah terus mendorong agar UMKM naik kelas dengan pengembangan dan pemasaran produk sudah berbasis digital. Sehingga, mampu menjangkau wilayah yang lebih luas.

Baca juga : Banjir Bandang Kota Batu, 15 Orang Hanyut Terseret Aliran Sungai

Masalah yang sering terjadi selama ini, kata dia, adalah minimnya informasi dan kreativitas pelaku usaha untuk memanfaatkan pemasaran digital, seperti sosial media, untuk menembus pasar yang luas hingga ke luar provinsi, bahkan mancanegara.

Khusus di beberapa subsektor, seperti kuliner, kriya, fesyen, dan produk kecantikan, akan mendapatkan stimulan Rp 50 juta.

"Karena ini murni program stimulus, nggak pakai ribet, mudah. Hari ini bisa langsung diklaim, sehingga bisa menggerakkan ekonomi lokal," tandas mantan wakil gubernur DKI Jakarta itu. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.