Dark/Light Mode

Tak Lagi di Mina Jadid

Tenda Jemaah Haji Indonesia di Mina Kini Lebih Dekat dengan Jamarat

Rabu, 20 Maret 2024 21:12 WIB
Direktur Bina Haji Arsad Hidayat (Foto: Dok. Kemenag)
Direktur Bina Haji Arsad Hidayat (Foto: Dok. Kemenag)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tenda jemaah haji Indonesia 2024 di Mina kini lebih dekat dengan Jamarat, yang merupakan tempat melempar jumrah. Tenda jemaah Indonesia kini berada di Muaishim, yang jaraknya sekitar 4-5 km menuju ke Jamarat.

Hal ini dipaparkan Direktur Bina Haji, Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag), Arsad Hidayat, dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 2024, di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Rabu (20/3).

Baca juga : Hadapi Indonesia, Vietnam Ngerasa Lawan Timnas Belanda

Di tahun-tahun sebelumnya, jemaah haji Indonesia ditempatkan di kawasan Mina Jadid, yang jaraknya 7 kilometer menuju Jamarat.

"Penempatan jemaah haji Indonesia yang sebelumnya di Mina Jadid, untuk musim haji ini direlokasi ke wilayah Muaishim," terang.

Baca juga : KSPSI Bakal Bangun Pusdiklat Terbesar se-Indonesia di Purwakarta

Arsad menerangkan, perubahan ini sebagai upaya menambah kenyamanan jemaah haji Indonesia dalam beribadah, terutama jemaah lansia. Kini, mereka tidak terlalu jauh menuju Jamarat.

Perubahan ini juga didasarkan pada masukan dari masyarakat terkait pelaksanaan ibadah Armuzna (Arafah, Muzdalifah, dan Mina) yang merupakan masa puncak haji. Perubahan lokasi ini akan sangat membantu jemaah haji khususnya jemaah haji lansia. Dalam rangkaian ibadah haji, jemaah sedikitnya tiga kali bolak balik dari Mina ke Jamarat untuk melempat jumrah.

Baca juga : Aspaki Komit Jadi Pelopor Kemajuan Industri Kesehatan dalam Negeri

Sebelumnya Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menerangkan, Indonesia menjadi negara pertama yang melakukan kontrak dengan Pemerintah Arab Saudi terkait pelayanan penyelenggaraan untuk jemaah haji Indonesia. Dengan kesigapan ini, Indonesia mendapatkan beberapa keuntungan di antaranya mendapatkan tempat terbaik di Mina.

"Saya senang sekali, persiapan haji 2024 ini berjalan lancar. Kami menyelesaikan kontrak pertama dibandingkan negara lain, dan kami diberikan tempat terbaik di Mina saat bertemu Menteri Haji di Arab Saudi," terangnya, saat berkunjung ke kediaman Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Faisal bin Abdullah Al-Amudi di Menteng beberapa waktu lalu.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.