Dark/Light Mode

DMI Minta DKM, Mubaligh Hingga Jemaah Kawal Pemilu Bersih Dan Damai

Rabu, 7 Februari 2024 20:00 WIB
Ketua Pengurus Pusat Dewan Masjid Indonesia Jusuf Kalla. Foto: Ist
Ketua Pengurus Pusat Dewan Masjid Indonesia Jusuf Kalla. Foto: Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengurus Pusat Dewan Masjid Indonesia (DMI) mengeluarkan seruan, sepekan jelang hari pencoblosan Pemilu 2024, Rabu (14/2).

Ketua Umum DMI Jusuf Kalla (JK) meminta seluruh Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) atau Takmir Masjid, khatib, mubaligh hingga jamaah masjid untuk ikut serta terlibat dalam menjamin terselenggaranya pemilu bersih dan damai. 

Baca juga : Aksi Di Gedung DPR, Laskar Merah Putih Ajak Masyarakat Kawal Pemilu Damai

"Dengan akan dilaksanakannya pemungutan suara dalam pemilu pada hari Rabu tanggal 14 Februari 2024, Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia menyerukan kepada seluruh DKM/Takmir Masjid, Khatib, Muballigh, dan jemaahnya agar bersama-sama turut serta menjaga atau menjamin terselenggaranya pemilu bersih dan damai," seru Kalla dalam Surat Edaran tertanggal 26 Rajab 1445 Hijriah atau 07 Februari 2024 itu.

Surat Edaran dengan Nomor 029.D/III/SE/PP-DMI/II/2024 itu diteken JK bersama Sekretaris Jenderal DMI H Imam Addaraqutni.

Baca juga : Jadwal Pencoblosan Di Jeddah Dimajukan

Seperti diketahui, seluruh warga negara yang sudah memiliki hak pilih akan hadir ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) memberikan pilihannya di Pemilu 2024.

Di Pemilu kali ini, pemilih akan diberikan 5 surat suara untuk dicoblos. Kelima surat suara ini memiliki warna yang berbeda.

Baca juga : GPEI Minta Aktivitas STS di Muara Jawa Ditertibkan

Pertama, warna abu-abu untuk memilih pasangan calon presiden dan wakil presiden. Kedua, warna kuning untuk memilih anggota DPR. Ketiga, warna merah untuk memilih anggota DPD. Keempat, warna biru untuk memilih anggota DPRD Provinsi. Terakhir, kelima warna hijau untuk memilih anggota DPRD Kabupaten/Kota.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.