Dark/Light Mode

Jemaah Haji Indonesia 2024 Pakai Batik Model Baru, Warna Ungu Tua

Minggu, 24 Maret 2024 15:25 WIB
Model seragam batik jemaah haji Indonesia 2024. (Foto: Dok. Kemenag)
Model seragam batik jemaah haji Indonesia 2024. (Foto: Dok. Kemenag)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jemaah haji Indonesia 2024 akan mendapatkan seragam batik model baru. Batik ini berwarna ungu tua dengan motif Sekar Arum Sari berwarna putih dan terdapat logo garuda di bagian tangan.

Model batik ini merupakan hasil sayembara dengan hak cipta desain batik dimiliki Kementerian Agama (Kemenag). Terdapat ribuan UMKM yang mengikuti sayembara ini. Dalam penyalurannya, batik ini akan dipesan bank penerima setoran untuk kemudian diserahkan kepada jemaah.

Baca juga : Daging Dam Jemaah Haji Indonesia Bisa Bantu Atasi Stunting di Tanah Air

"Motif seragam batik haji mempunyai filosofi puspa nasional Indonesia digambarkan dengan bunga melati putih yang melambangkan simbol kesucian, keagungan, kesederhanaan, ketulusan, keindahan, dan rendah hati," ungkap Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kementerian Agama (Kemenag) Saiful Mujab, dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 2024, di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Minggu (24/3).

Saiful menerangkan, batik ini diproduksi dengan teknik batik cap, bukan printing. Seragam batik itu menggunakan bahan kain katun primisima. Kain batik ini akan menggunakan pewarna napthol dan garam diazo (pewarna sintetis).

Baca juga : Tak Bebani APBN, Ini 14 Proyek Strategis Nasional Baru Yang Disetujui Pemerintah

Seragam batik jemaah haji Indonesia ini nantinya diproduksi IKM/UMKM yang telah mendapatkan Surat Keputusan (SK) Izin Produksi Batik Haji dari Ditjen Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama. "Jumlah IKM/UMKM yang sudah mendapatkan SK Izin Produksi Batik Haji sebanyak 81 IKM/UMKM,"" ujarnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.