Dark/Light Mode

Jelang Indonesia Vs Vietnam

Garuda Kobarkan Semangat Tinggi

Rabu, 20 Maret 2024 06:40 WIB
Latihan perdana timnas jelang lawan Vietnam. (Foto: Istimewa)
Latihan perdana timnas jelang lawan Vietnam. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Timnas Indonesia menjalani latihan perdana jelang lawan Vietnam pada pertandingan lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (21/3/2024). Latihan ini sebagai pemulihan dan adaptasi antarpemain.

Latihan digelar di Stadion Madya, Jakarta, diikuti 22 pe­main minus Nathan A-Tjoe-On yang baru mendarat di Jakarta malam hari. Selain itu, Sandy Walsh, Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen juga belum mengi­kuti latihan.

“Hari ini latihan pemulihan yang ringan dan sisa dua hari la­gi kami akan melawan Vietnam. Kami akan mempersiapkan tim melawan Vietnam. Bagaimana caranya kami harus menang,” kata Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (STY).

STY beralasan, menu latihan pemulihan itu dilakukan karena sejumlah pemain melakukan per­jalanan jauh yang melelahkan. Baru keesokan harinya, dia akan memberikan menu latihan taktik.

“Saya akan fokus taktik mulai besok dan lusa. Jordi, Yance, Elkan, mereka tidak akan ber­main juga untuk pertandingan berikutnya. Di Vietnam pun sama,” katanya.

Baca juga : Djoker Absen, Alcaraz Unggulan

Pelatih asal Korea Selatan ini mengaku tidak terlalu risau den­gan absennya sejumlah pilar. Dia tetap yakin dengan kualitas para pemain lainnya yang masuk daftar panggilan timnas. “Pastinya akan ada dampak negatif, tapi saya per­caya dengan pemain yang ada di sini pasti bisa menunjukkan yang terbaik,” ucapnya.

Kemenangan atas Vietnam sangat dibutuhkan Tim Garuda karena hasil buruk pada dua laga awal Kualifikasi Piala Dunia. Garuda kalah telak 1-5 dari tuan rumah Irak dan hanya bermain imbang 1-1 dengan tuan rumah Filipina. Dua hasil laga itu membuat Indonesia saat ini ada di dasar klasemen Grup F karena baru mengoleksi satu poin dari dua laga.

Bila melihat peluang, Marc Klok dan kawan-kawan masih punya harapan mengalahkan Vietnam. Sebab, Garuda sudah pernah mengalahkan Vietnam 1-0 lewat penalti Asnawi Mangkualam pada Piala Asia 2023.

“Terakhir kali kami melawan Vietnam dua bulan lalu. Sekarang, mereka pastinya juga sudah mempersiapkan diri den­gan baik. Hal ini akan kami antisipasi dengan menunjukkan permainan terbaik di lapangan nanti,” ujarnya.

Namun demikian, Timnas Indonesia di laga nanti tidak diperkuat beberapa pemain inti. Jordi Amat dan Elkan Baggott bakal absen karena cedera.

Baca juga : Satroni Sukamiskin, KPK Periksa 10 Narapidana

Pemain Timnas Indonesia Justin Hubner mengatakan, dia ber­sama timnas ingin mengalahkan Vietnam saat laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 seperti dalam pertemuan sebelumnya pada Piala Asia 2023.

“Ini pertandingan (Indonesia lawan Vietnam) yang sangat penting untuk kita, untuk semua orang. Kami ingin mengalahkan mereka (Vietnam) seperti di Piala Asia,” ujarnya, seperti di­kutip dari akun Instagram Ketua Umum Persatuan Sepakbola Sepluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir: @erickthohir di Jakarta, Selasa (19/3/2024).

Dia menyampaikan hal itu saat bersama Manager Cerezo Osaka Martyn Williams berdiskusi di Jakarta. Hubner yang kini ber­gabung dengan klub Cerezo Osaka di Liga Jepang dengan status pinjaman dari klub Liga Inggris Wolverhampton Wanderers, san­gat senang bisa kembali membela Merah Putih pada Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Hubner mengatakan, laga melawan Vietnam merupakan laga yang sangat penting bagi semua masyarakat Indonesia. Sebab itu, dia bersama tim akan melakukan berbagai upaya untuk memenangkan laga tersebut.

Hubner ingin meraih keme­nangan seperti ketika membekuk Vietnam 1-0 dalam pertemuan terakhir pada Piala Asia 2023.

Baca juga : Istighfar, Dituding Selingkuhan Meiga

Sementara, Jay Idzes tak sabar menjalani debut membela tim Merah Putih. Dia juga ingin mera­sakan atmosfer yang diberikan oleh para suporter yang begitu luar biasa mendukung Timnas Indonesia yang sempat dia lihat di sejumlah video.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Rabu, 20 Maret 2024 dengan judul Jelang Indonesia Vs Vietnam, Garuda Kobarkan Semangat Tinggi

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.