Dark/Light Mode

Hotel Jemaah Haji di Madinah, Bintang 3-5, Jaraknya Ada yang 50 Meter dari Nabawi

Selasa, 14 Mei 2024 10:49 WIB
Jamaah haji kloter 2 Makassar, tiba di Hotel Al Fayrooz Shatta, Madinah, Senin (13/5). (Foto: MCH 2024)
Jamaah haji kloter 2 Makassar, tiba di Hotel Al Fayrooz Shatta, Madinah, Senin (13/5). (Foto: MCH 2024)

RM.id  Rakyat Merdeka - Fasilitas hotel yang disediakan untuk jemaah haji Indonesia di Madinah terbilang jempolan. Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi menyiapkan 147 hotel bintang 3-5, yang jaraknya sangat dekat dengan Masjid Nabawi. Yang terdekat cuma 50 meter, sedangkan yang terjauh 350 meter.

Sebanyak 90.000 jemaah haji Indonesia gelombang pertama akan tiba Madinah, Arab Saudi mulai 12 sampai 23 Mei 2024. Hingga hari kedua kedatangan, sudah 1.300 lebih jemaah tiba di Madinah, melalui Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA).

Baca juga : Cerita Zulfikar, Jemaah Haji 19 Tahun Asal Tambora, Gantikan Ayah yang Sakit

"Gelombang pertama kurang lebih 90.000 jemaah haji yang akan mendarat di Madinah," kata Kepala Daerah Kerja (Daker) Madinah Ali Machzumi.

Masing-masing jemaah haji tersebut akan tinggal di Madinah selama 9 hari untuk menjalankan ibadah salat lima waktu di Masjid Nabawi, beribah di Raudhah, berziarah ke makam Rasulullah, dan yang lainnya.

Baca juga : Menag Cek Hotel & Bus Jemaah di Makkah: Semua Baik, Semoga Bisa Beri Layanan Terbaik

"Jarak hotel ke Masjid Nabawi mulai dari 50 meter sampai yang agak jauh sedikit sekitar 350 meter. Jadi insya Allah nanti jamaah haji sudah kita persiapkan semuanya," terang Ali.

Hotel-hotel tersebut tersebar di wilayah Markaziyah Syamaliyah, Markaziyah Gharbiyah, dan Markaziyah Janubiyah.

Baca juga : Perdana Layani Mudik, Penumpang Bandara Kertajati Capai 1.900 Orang Per Hari

Sebelumnya, hotel-hotel ini telah dicek Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Salah satunya Emaar Elite di wilayah Syamaliyah (sekitar 50 meter sebelah utara Masjid Nabawi). Hotel Emaar Elite yang disewa Kementerian Agama ini mampu menampung 1.400 jemaah.

"Saya lihat hotel untuk jemaah haji Indonesia representatif, bagus dan bersih. Ini sesuai kontrak," kata Yaqut.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.