Dark/Light Mode

Hadapi Kemarau Panjang

PAM Jaya Kurang Berjaya

Minggu, 17 September 2023 07:30 WIB
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta Wa Ode Herlina. (Foto: dok. DPRD DKI)
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta Wa Ode Herlina. (Foto: dok. DPRD DKI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Warga di sejumlah pemukiman di Ibu Kota sulit mendapatkan air bersih akibat musim kemarau panjang. Sumur bor yang selama ini menjadi sumber air bersih, kekeringan. Selain itu, warga tidak bisa mengakses air PAM karena tidak terjangkau jaringan perpipaan.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta Wa Ode Herlina, meng­ungkap sejumlah wilayah di Ibu Kota dilanda krisis air bersih. Bahkan, ada sejumlah wilayah di Jakarta Pusat yang berpuluh-puluh tahun dilanda krisis air bersih.

Baca juga : Cepat Operasi Pasar Beras

“Contoh di Pegangsaan, su­dah ada hampir 25 tahun nggak dapat air, nanti saya kasih lapo­rannya, saya kasih videonya,” ungkapnya.

Wa Ode juga menyebut, ka­wasan Tanah Abang juga ber­tahun-tahun sulit mendapat air. Sehingga, kasus stunting di wilayah tersebut terus bermun­culan.

Baca juga : Banteng Cairkan Suasana

Krisis air bersih juga terjadi di Rukun Warga (RW) 011, Pegadungan, Kalideres, Jakarta Barat. Ketua RW 011, Muham­mad Arif Rahman mengatakan, ada 11 lingkup Rukun Tetangga (RT) yang terdampak krisis air bersih. Dari jumlah itu, empat RT di antaranya yakni RT 005, RT 006, RT 007 dan RT 010 mengalami krisis air bersih terparah.

“Di sini ada beberapa warga di beberapa RT, yang tidak mempunyai sumur resapan dan air tanah, jadi sangat ketergan­tungan dengan air PAM tersebut. Kalau air PAM tidak keluar, dia tidak mandi,” kata Arif.

Baca juga : Kualitas Udara Dan Harga Beras

Sementara, sebagian warga di wilayah RT lainnya masih mengandalkan alternatif air ta­nah. Namun kualitasnya jelek, berwarna kuning dan terasa asin.

Untuk mendapatkan air bersih, pihaknya harus terus meminta mobil tangki air dari PAM Jaya. Ia bertugas untuk menghubungi pengurus RW agar PAM Jaya bisa menyuplai air bersih meng­gunakan mobil tangki.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.