Dark/Light Mode

Jemaah Haji Indonesia Mulai Masuk Raudhah & Berziarah ke Makam Rasulullah

Selasa, 14 Mei 2024 12:31 WIB
Jemaah haji Indonesia saat mengantre untuk masuk Raudhah. (Foto: MCH 2024)
Jemaah haji Indonesia saat mengantre untuk masuk Raudhah. (Foto: MCH 2024)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jemaah haji Indonesia mulai beribadah di Raudhah dan berziarah ke makam Rasulullah SAW, di Masjid Nabawi, Madinah. Jemaah dari kelompok terbang (kloter) Surabaya (SUB) dan Palembang (PLM) berkesempatan menjadi yang pertama merasakan syahdunya beribadah di Raudhah. Mereka mulai masuk ke Taman Surga tersebut pukul 02.00 waktu Arab Saudi, Selasa (14/5).

Raudhah merupakan tempat antara kamar Rasulullah dengan mimbar Masjid Nabawi. Luasnya 22 meter x 15 meter atau 330 meter persegi. Dulunya, Raudhah berada di bagian luar Masjid Nabawi. Seiring dengan perluasan Masjid Nabawi, Raudhah kini berada di dalam Masjid Nabawi, tepatnya di sisi kiri mimbar.

Baca juga : Terbitkan Tasreh, Saudi Permudah Jemaah Haji Indonesia Masuk Raudhah

Rasulullah menyebut Raudhah sebagai Taman Surga. Tempat ini sangat mustazab untuk berdoa. Karenanya, masuk Raudhah menjadi dambaan setiap jemaah haji.

Agar tidak terjadi penumpukan, Pemerintah Arab Saudi mengatur jemaah yang ingin masuk Raudhah. Jemaah yang ingin masuk Raudhah bisa daftar melalui aplikasi Nusuk maupun dengan Tasreh atau surat izin yang dikeluarkan Pemerintah Arab Saudi.

Baca juga : Akomodasi Jemaah Haji Indonesia di Makkah Sudah Siap

Tasreh untuk sebagian jemaah haji Indonesia sudah mulai keluar. "Mulai hari ini seluruh kloter (yang sudah tiba di Madinah) akan masuk ke Raudhah," kata Kepala Seksi Bimbingan Ibadah Sektor Khusus Masjid Nabawi, Syahro Marwan, di Masjid Nabawi, Madinah, Selasa (14/5).

Sebelum memasuki Raudhah, jamaah haji harus berkumpul di area tunggu pelataran Masjid Nabawi. Tepatnya antara pintu gerbang 360-362 di dekat area Pemakaman Baqi.

Baca juga : 128.000 Jemaah Haji Indonesia Nikmati Fasilitas Fast Track

Syahro menjelaskan, jamaah haji berkumpul 1 jam sebelum jadwal masuk Raudhah. Misalnya, jadwal masuk Raudhah pukul 2 dini hari, maka jamaah haji harus sudah ada di lokasi sejak pukul 1. "Jamaah harus sudah di titik kumpul 1 jam sebelum jadwal," imbuhnya.

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi telah mengatur pengelompokan kunjungan ke Raudhah berdasarkan generasi dan kloter. Kunjungan perdana dini hari tadi di mulai dengan jemaah laki-laki sebanyak 165 jemaah kloter SUB-01 dan 198 jemaah PLM-01. Sementara, jamaah perempuan pertama yang mengunjungi Raudhah yakni kloter Jakarta-Bekasi (JKS) 01 dan Jakarta-Pondok Gede (JKG) 02 pada jam 07.30 waktu Arab Saudi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.