Dark/Light Mode

Selangkah Lagi, Timnas Indonesia Menuju Olimpiade Paris 2024

Jumat, 26 April 2024 06:36 WIB
Duel Timnas Vs Korea Selatan, Jumat (26/4) dini hari tadi. (Foto : ist)
Duel Timnas Vs Korea Selatan, Jumat (26/4) dini hari tadi. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Selangkah lagi, Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola U-23 Indonesia menuju Olimpiade Paris, Prancis pada Juli-Agustus 2024. Hasil ini diraih setelah Timnas Indonesia memperoleh tiket ke Semifinal Piala Asia U-23. 

Pertandingan Indonesia vs Korea Selatan yang digelar Jumat (26/4) dini hari waktu Indonesia Barat membuat masyarakat Indonesia merasa tegang.

Bagaimana tidak, pertandingan yang digelar di Stadion Abdullah bin Khalifa itu penuh drama.

Pertandingan ini imbang dengan skors 2-2 hingga tambahan waktu dan berakhir adu pinalti. Syukurnya, Indonesia berhasil unggul dengan skor akhir 11-10 (2-2). 

Baca juga : SDM Kudu Pintar & Sehat

Atas capaian ini, tim asuhan Shin Tae Yong ini memiliki kans untuk ikut Olimpiade Paris 2024.

"Peluang itu bisa didapat otomatis Indonesia jika berhasil masuk tiga besar atau harus menang saat semifinal nanti," jelas pengamat sepakbola Nana Maulana kepada Rm.id, Jumat (26/4). 

Garuda Muda masih menunggu pertandingan antara Uzbekistan vs Arab Saudi untuk mengetahui lawan mereka di semifinal.

Pertandingan Uzbekistan vs Arab Saudi akan digelar hari Jumat (26/4/2024) pukul 21.00 WIB di Stadion Khalifa International. Nantinya, pemenang pertandingan tersebut akan menjadi lawan Timnas Indonesia U-23 di semifinal. 

Baca juga : Selangkah Lagi, Cannavaro Besut Udinese

Menakar kekuatan Uzbekistan dan Arab Saudi, Uzbekistan sangat kuat di Piala Asia U-23 2024 ini. Mereka meraih poin penuh pada laga fase grup, sembilan poin dari tiga laga di Grup D. Pada laga terakhirnya, Uzbekistan mengalahkan Vietnam dengan skor telak yakni 3-0.

Sementara, Arab Saudi adalah juara bertahan. Arab Saudi jadi runner-up Grup D setelah kalah 1-2 dari Irak pada matchday ketiga. Pada laga itu, pelatih Saad Al-Shehri melakukan beberapa rotasi pemain sehingga performa mereka tidak optimal. 

Untuk mendapatkan tiket ke Paris secara otomatis, Garuda Muda harus berhasil menang di Semifinal. Hasil di babak final nantinya hanya akan berpengaruh pada penempatan Timnas Indonesia U-23 di fase grup Olimpiade Paris 2024.

Lalu bagaimana peluang ke Olimpiade jika Indonesia kalah di semifinal? Cara terakhir  adalah laga playoff antarkonfederasi.

Baca juga : Menkes: Kesehatan Salah Satu Modal Utama Capai Target Indonesia Emas 2045

Tim peringkat keempat Piala Asia U-23 akan menghadapi wakil Afrika yang sudah dipastikan bakal diisi oleh Guinea. Hal-hal itulah yang bisa jadi cara Timnas Indonesia U-23 lolos ke Olimpiade.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.