Dark/Light Mode

PPIH Madinah Intensifkan Persiapan Keberangkatan Jemaah Haji ke Makkah

Minggu, 19 Mei 2024 15:46 WIB
Tim Media Center Kementerian Agama (Kemenag) Widi Dwinanda (Foto: Dok. Kemenag)
Tim Media Center Kementerian Agama (Kemenag) Widi Dwinanda (Foto: Dok. Kemenag)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jemaah haji gelombang pertama akan mulai didorong dari Madinah Al-Munawwarah ke Makkah Al-Mukarramah, Senin (20/5). Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Daerah Kerja (Daker) Madinah mengintensifkan persiapan pemberangkatan.

Sebelum ke Makkah, jemaah dari Madinah akan mengambil Miqat Umrah terlebih dahulu di Masjid Dzilhulaifah atau Bir Ali.

“Dalam perjalanan dari Madinah menuju Makkah, jemaah haji akan terlebih dahulu mengambil Miqat Makani (tempat) untuk berihram di Masjid Dzulhulaifah atau lebih dikenal dengan sebutan Bir Ali,” kata Tim Media Center Kementerian Agama (Kemenag) Widi Dwinanda, dalam keterangan resmi Kemanag, di Jakarta, Minggu (19/5).

Baca juga : Guru Ngaji Asal Serang Berangkat Haji Sekeluarga

“PPIH Arab Saudi Daker Madinah terus melakukan persiapan teknis dan koordinasi intensif agar proses tahapan ini berjalan lancar,” sambungnya.

Widi menyampaikan, PPIH Arab Saudi Daerah Kerja Makkah pun tengah bersiap menyambut kedatangan jemaah dari Madinah ke Kota Makkah.

“Untuk akomodasi jemaah, tercatat ada 170 hotel yang telah disewa dengan skema full musim. Pemondokan ini tersebar di lima wilayah, yaitu Syisyah, Raudhah, Jarwal, Misfalah, dan juga Ray Bakhs,” terangnya.

Baca juga : Mesin Pesawat Jemaah Haji UPG-05 Rusak, Ini Permintaan Kemenag ke Garuda

Hotel-hotel yang menjadi pemondokan jemaah, lanjutnya, telah dilengkapi dengan fasilitas ramah lansia dan disabilitas, seperti kursi tunggu prioritas ramah lansia, lift untuk lansia, kamar mandi dan sebagainya.

“Penanda dan stiker-stiker imbauan untuk prioritas lansia dan disabilitas juga sudah dipasang. Selain penyiapan pemondokan, sarana transportasi Bus Salawat yang akan mengantar jemaah dari hotel ke Masjidil Haram dan sebaliknya serta layanan katering jemaah telah disiapkan PPIH Arab Saudi Daker Makkah,” lanjutnya.

Jemaah haji, ujar Widi, agar bersiap diri dengan menjaga kesehatan. Jemaah disarankan segera menghubungi petugas kesehatan yang ada di setiap sektor bila mengalami keluhan kesehatan sehingga memperoleh penanganan yang cepat.

Baca juga : Putar Balik, Garuda Tunggu Pesawat Pengganti Berangkatkan Jemaah Haji Makassar

“Memperhatikan asupan makanan dan gizi dan istirahat yang cukup. Minum air yang cukup agar tidak dehidrasi, terlebih saat ini suhu di Kota Madinah mencapai 38 derajat celcius,” ucapnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.