Dark/Light Mode

Witan Sulaeman Berangkat Haji, Puji Pelayanan Kemenag

Jumat, 24 Mei 2024 22:28 WIB
Pemain Timnas Indonesia, Witan Sulaeman. (Foto: Dok. Kemenag)
Pemain Timnas Indonesia, Witan Sulaeman. (Foto: Dok. Kemenag)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemain Timnas Indonesia, Witan Sulaeman, menunaikan ibadah haji bersama istrinya. Keduanya berangkat dari Embarkasi Balikpapan. Witan amat senang bisa berangkat tahun ini, dan memuji pelayanan dari Kementerian Agama (Kemenag).

Witan dan istri berangkat haji sebagai jemaah reguler. Sama seperti jemaah biasa, keduanya memakai setelan batik Haji berwarna ungu dengan motif Sekar Arum Sari saat tiba di Asrama Haji Transit Palu, Jumat (24/5).

Witan menjelaskan, dirinya mendaftar dan mendapatkan haji pada 2019 atau lima tahun lalu. Dirinya bisa berangkat cepat karena ikut program penggabungan mahram oleh Kemenag. Sebelumnya, istri Witan telah terdaftar sejak 2012, yang memang mendapat porsi berangkat tahun ini.

Baca juga : Di Tengah Kemajuan, Seoul Berjuang Hadapi Kesenjangan Dan Populasi Menua

"Karena sudah di atas lima tahun, jadi bisa mengurus penggabungan mahram,” katanya, di Aula Asrama Haji Transit Palu, Jumat (24/5), seperti dikutip kemenag.go.id.

Pria kelahiran Kota Palu ini menjelaskan, saat akan memanfaatkan kebijakan penggabungan mahram, dirinya mengurus segala persyaratan di Kemenag Kota Palu. Ia menilai,.pelayanan Kemenag sangat baik. Hal itu dia rasakan saat mengurus administrasi dengan pegawai Kemenag di Kota Palu.

“Pelayanan Kemenag sangat baik. Sejak pendaftaran (pelunasan) tidak dipersulit, karena yang penting kita punya berkas-berkas. Jadi semua aman,” katanya, sambil tersenyum dan mengacungkan jempol.

Baca juga : PPIH Madinah Intensifkan Persiapan Keberangkatan Jemaah Haji ke Makkah

Berbeda dengan 2023, tahun ini Kemenag membuka lagi kebijakan penggabungan mahram. Ada tiga syarat yang harus dipenuhi, yaitu memiliki hubungan keluarga yang dibuktikan dengan akta nikah, akta kelahiran, atau kartu keluarga. Kedua, jemaah yang digabung telah melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) tahap pertama. Ketiga, sudah terdaftar lima tahun sebelumnya serta memiliki syarat istita’ah kesehatan.

Kehadiran Witan di Asrama Haji Transit Palu cukup membuat heboh. Ia tak henti diminta berfoto oleh jemaah bahkan panitia. Semua diladeni Witan dengan santun. Selama diwawancarai, Witan juga tak henti tersenyum dan menanggapi dengan antusias.

Witan mengajak agar setiap anak muda berusaha dan bertawakal untuk bisa berhaji. “Kalau ada rezeki, bisa kalian daftar haji. Karena waiting list-nya sangat panjang. Jadi yang penting daftar dulu,” ujar gelandang Timnas Indonesia ini.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.