Dark/Light Mode

Update Haji: 107 Orang Jemaah Indonesia Wafat

Kamis, 13 Juni 2024 17:52 WIB
Jemaah haji melakukan tawaf di Baitullah. (Foto: Dok. Kemenag)
Jemaah haji melakukan tawaf di Baitullah. (Foto: Dok. Kemenag)

RM.id  Rakyat Merdeka - Berdasarkan laporan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, per hari ini, Kamis (13/6), jumlah jemaah haji yang wafat sebanyak 107 orang. Mayoritas wafat di Makkah Al-Mukarramah.

Anggota Media Center Kementerian Agama (Kemenag) Widi Dwinanda merinci, 107 orang jemaah wafat itu terbagi dalam empat tempat. Yaitu, wafat di Embarkasi 9 orang, di Madinah 18 orang, di Makkah 77 orang, dan di Bandara 3 orang.

Baca juga : Update Haji: 209.934 Jemaah Sudah di Tanah Suci, 78 Orang Wafat

Semua jemaah haji yang wafat sebelum puncak haji di Arafah, akan dibadalhajikan. Puncak haji akan dimulai pada Sabtu (15/6). Jemaah haji akan mulai didorong ke Arafah pada Jumat (14/6).

Widi berpesan agar jemaah fokus mempersiapkan diri sebaik mungkin menjelang puncal haji. Selain persiapan fisik dan menjaga kebugaran tubuh, maksimalkan waktu menghadapi puncak haji dengan memperbanyak amalan ibadah, berzikir, berpasrah diri mohon kepada Allah SWT agar dilancarkan dan dimudahkan seluruh prosesi puncak haji nanti.

Baca juga : Pengantin Larang Tamu Pake Fesyen Lima Warna

“Hubungi dan mintakan doa kepada keluarga di Tanah Air, agar prosesi hajinya dimudahkan dan dilancarkan Allah Swt,” sarannya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.