Dark/Light Mode

Parlin Rumahorbo Terpilih Jadi Ketua Umum Raja Rumahorbo Dohot Boruna Se-Indonesia

Jumat, 21 Juni 2024 09:44 WIB
Pengukuhan dan Pelantikan Pengurus Punguan Raja Rumahorbo Se-Indonesia, di Hotel Oakwood, TMII, Jakarta Timur, Selasa (18/6). (Foto: Istimewa)
Pengukuhan dan Pelantikan Pengurus Punguan Raja Rumahorbo Se-Indonesia, di Hotel Oakwood, TMII, Jakarta Timur, Selasa (18/6). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Organisasi Punguan Raja Rumahorbo Se-Indonesia resmi terbentuk. Kolonel TNI DR (C) Parlin Rumahorbo terpilih sebagai ketua umum organisasi ini.

Parlin menyatakan, terbentuknya Punguan Raja Rumahorbo Se-Indonesia merupakan momen penting untuk menyatukan visi dan misi orang Batak, khususnya keturunan Marga Raja Rumahorbo, untuk mengembangkan potensi yang ada dalam bidang pendidikan, sumber daya manusia, sosial, adat, dan budaya, serta siap mendukung program pembangunan pemerintah ke depan.

Acara Pengukuhan dan Pelantikan Pengurus Punguan Raja Rumahorbo Se-Indonesia digelar di Hotel Oakwood, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Selasa (18/6). Acara dihadiri hampir 100 orang keturunan Marga Rumahorbo yang merupakan pengurus dan anggota Punguan Raja Rumahorbo dari berbagai profesi. Terdapat nama-nama tokoh besar dalam kepengurusan, di antaranya Dewan Penasehat Brigjen (Purn) Mangasa Rumahorbo/Boru Pangaribuan, Kolonel (Purn) Manahan Rumahorbo/Boru Manik, St Suman Rumahorbo/Boru Gultom, St Jahelbin Rumahorbo/Boru Manurung, dan Dr. Osbal Rumahorbo/Boru Ritonga.

Selaku Dewan Pertimbangan ada Maradin S Rumahorbo/Boru Sidabuke, Mayor (Purn) Marupa Rumahorbo/Boru Sianturi, Laurensius Rumahorbo/Boru Sihombing, Bob Hasan Rumahorbo/Boru Padang, St Marisi Rumahorbo/Boru Nainggolan, Viktor Togi Rumahorbo/Boru Siagian.

Baca juga : Bamsoet Dorong Peningkatan Prestasi Robotika Indonesia

Kemudian, Selaku Ketua Umum terpilih Pengurus Pusat Raja Rumahorbo Dohot Boruna Se-Indonesia Kolonel TNI Parlin Rumahorbo/Boru Simangunsong, dan Wakil Ketua Umum Oster P Rumahorbo/Boru Gultom. Ketua Bidang Adat dan Budaya St Mayor (Purn) Marupa Rumahorbo/Boru Sianturi, Ketua Bidang Dunia Usaha dan Generasi Muda St Erwin MC Rumahorbo/Boru Damanik, serta Ketua bidang Organisasi dan Kerohanian Budiman Rumahorbo/Boru Pangaribuan.

Sekertaris Jenderal Hisar Rumahorbo/Boru Hutagaol, dan Sekertaris I Henry Rumahorbo/R Boru Samosir, Sekertaris II Robert Rumahorbo/Boru Limbong, juga pengurus-pengurus bidang lainnya serta anggota.

Parlin Rumahorbo mengatakan, organisasi sosial yang terbentuk ini mencakup seluruh wilayah Republik Indonesia, maupun dunia, sehingga diperlukan Dewan Pertimbangan yang memberikan, saran, informasi, maupun solusi, supaya organisasi lebih maju ke depan. Salah satu anggota Dewan Pertimbangan adalah Bob Hasan Rumahorbo, yang telah berhasil lolos ke DPR Senayan dari Dapil Lampung II. "Saat ini beliau menjadi Ketua Umum Ormas Advokasi Rakyat untuk Nusantara (ARUN) yang telah sukses melaksanankan MUNAS Pertama di Tanjung Karang, Lampung," ucapnya.

Parlin melanjutkan, acara Pengukuhan dan Pelantikan Punguan Raja Rumahorbo saat ini merupakan momen yang sangat penting untuk mengucap syukur kepada Tuhan YME, karena begitu besar limpahan berkat yang diterima pihaknya. "Kita saat ini dipersatukan dalam kasih dalam satu keluarga besar Punguan Raja Rumahorbo," ucapnya.

Baca juga : Andi Saputra Terpilih Jadi Ketua Umum Ikatan Wartawan Hukum 2024-2026

Dia melanjutkan, momen ini juga merupakan titik awal untuk Junjung Baringin. "Dalam filosofis orang Batak, Junjung Baringin memiliki makna yaitu berbuatlah yang terbaik buat pomparan Raja Rumahorbo, dan berbuatlah yang terbaik buat bangsa dan negaramu," ucapnya.

"Oleh karena itu, kepada seluruh keturunan/pomparan Raja Rumahorbo di mana pun berada, harus menjadi teladan, dan mampu menjaga nilai-nilai adat budaya Batak, serta adaptif dan kondusif dalam menyikapi perubahan kemajuan zaman saat ini," imbuhnya.

Parlin menjelaskan, ada beberapa program prioritas yang akan dilaksanakan, baik jangka panjang maupun jangka pendek. Program prioritas jangka panjang adalah rencana pembangunan tugu atau monumen Raja Rumahorbo dan sekaligus pembangunan Rumah Sigale Gale Rumahorbo.

Karena Tarian Tortor yang terbuat dari Patung Kayu yang disebut Sigale Gale adalah ciptaan Oppung Raja Gayus Rumahorbo dari Desa Garoga Samosir. Kalaupun misalnya kita berwisata ke Samosir terdapat tarian Tortor Sigale Gale, tetapi pencipta pertama Sigale Gale adalah keturunan atau pomparan Raja Rumahorbo. Hal ini yang menjadi motivasi untuk melestarikan ciptaan daripada nenek moyang kami dulu, karena ini merupakan warisan budaya yang tidak ternilai harganya. Nah, itu program jangka panjang kami kedepan,” terang Parlin.

Baca juga : Prabowo: Saya Akan Jadi Presiden Untuk Seluruh Rakyat Indonesia

Sedangkan pogram prioritas jangka pendek adalah membentuka Badan Pengurus Wilayah Sejabodetabek, Jawa Barat, maupun Sumatera Utara. "Di samping itu, perlu membentuk wadah generasi muda Rumahorbo seluruh dunia atau seluruh Indonesia. Supaya pengembangan sumber daya manusia, khususnya generasi muda, juga mengalami peningkatan, seiring dengan pembangunan khususnya bidang pendidikan yang dilaksanakan oleh pemerintah. Sehingga, kita bisa memotivasi generasi muda ini untuk lebih baik ke depan," tandasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.