Dark/Light Mode

Sekayu Dinobatkan Jadi Kota Terbersih Di Indonesia

Selasa, 5 Maret 2024 19:44 WIB
Kota Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin dinobatkan sebagai Kota Kecil Terbersih se- Indonesia oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), di Gedung Manggala Wanabakti, jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Selasa (5/3/2024). Foto: Istimewa
Kota Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin dinobatkan sebagai Kota Kecil Terbersih se- Indonesia oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), di Gedung Manggala Wanabakti, jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Selasa (5/3/2024). Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Prestasi membanggakan kembali ditorehkan Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) di bawah kepemimpinan Pj Bupati Apriyadi Mahmud.

Kali ini, Kota Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin dinobatkan sebagai Kota Kecil Terbersih se- Indonesia oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK).

"Pencapaian ini tentu tidak terlepas dari dukungan semua masyarakat di Muba dan terkhusus dukungan Pak Bupati Apriyadi Mahmud yang sangat konsisten dan komitmen memfasilitasi Kabupaten Muba untuk menjaga kebersihan," ungkap Asisten II Setda Muba Andi Wijaya Busro saat menerima Penyerahan Penghargaan Anugerah Adipura 2023 di Gedung Manggala Wanabakti, jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Selasa (5/3/2024).

Dikatakan, Kota Sekayu dinilai mulai dari indikator keadaan fisik lingkungan perkotaan berkaitan dengan kebersihan, keteduhan kota dan pengendalian pencemaran.

"Komponen kriteria penilaian berkaitan dengan pengelolaan sampah dan ruang hijau, pengendalian pencemaran udara dan pencemaran air," kata Andi.

Baca juga : Haedar Sebut DNA Moderat Jadi Daya Tahan Indonesia Hadapi Gejolak Politik Pemilu

Dia merinci, komponen pemantauan dilakukan di beberapa lokasi antara lain: perumahan, fasilitas perkotaan, transportasi, perairan terbuka, sanitasi dan pantai wisata.

Upaya-upaya pengelolaan sampah yang dilakukan selama ini mendapat apresiasi dari Pemerintah sehingga mendapatkan Adipura.

Pengelolaan sampah meliputi kegiatan Pengurangan Sampah dan Penanganan Sampah. Pengelolaan sampah dilakukan oleh masyarakat atau kelompok.

"Misalnya gotong royong kebersihan, bank sampah, pemilahan sampah dan lainnya, sedangkan penanganan sampah dilakukan Pemerintah mulai proses pengumpulan dan pengangkutan sampah," terang Andi.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya Bakar mengatakan, pada Adipura tahun ini telah dilaksanakan pemantauan lapangan terhadap 259 kabupaten/kota se-Indonesia, atau sebanyak 50,39 persen dari 514 kabupaten/kota di Indonesia.

Baca juga : Bamsoet & Ilham Habibie Matangkan Pembangunan Museum Otomotif Indonesia

Siti menjelaskan ada 106 kabupaten/kota yang meraih Anugerah Adipura karena mampu menunjukkan kinerja pengelolaan lingkungan hidup perkotaan yang baik.

Siti melaporkan bahwa hasil Adipura 2023 mengalami kemajuan yang cukup signifikan dibandingkan dengan Adipura tahun sebelumnya, yaitu terjadi peningkatan jumlah daerah yang meraih anugerah Adipura sebesar 32,5 persen, dari 80 kabupaten/kota menjadi 106 kabupaten/kota.

"Selain itu, berdasarkan hasil penilaian yang dilakukan pada Adipura Tahun 2023, sebanyak 63 daerah mengalami peningkatan kinerja pengelolaan sampah pada tahun 2023 dibandingkan tahun sebelumnya," kata Siti.

Kadin Kominfo Muba Herryandi Sinulingga AP, mengatakan pencapaian Muba dinobatkan menjadi Kota Terbersih di Indonesia harus terus dijaga bersama-sama.

"Mari kita jaga terus kebersihan di Muba, demi terciptanya lingkungan yang sehat," ucapnya.

Baca juga : Menteri AHY: IKN Mahakarya Kebanggaan Bangsa Indonesia

Terpisah Kepala DLH Muba, Zulfakar mengatakan Sekayu Muba menjadi kota terbersih lebih karena perilaku masyarakat yang tertib.

"Dalam kesempatan ini saya mengajak seluruh warga kota sekayu, dan Warga Musi Banyuasin, mari terus kita gencarkan bersih bersih lingkungan sesuai himbauan Pj Bupati Musi Banyuasin dan program Jumat bersih terus dijalankan bersama secara berkelanjutan," imbuhnya.

"Ya dikarenakan tingkat kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan khususnya persampahan dan penghijauan kota," tambahnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.