Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

RI Dan Jepang Perkuat Kerja Sama Kelautan Dan Perikanan

Sabtu, 4 Desember 2021 15:18 WIB
KBRI Tokyo gelar Forum Bisnis Kelautan dan Perikanan Indonesia – Jepang di Kota Kesennuma, Jepang pada Kamis, 2 Desember 2021.
KBRI Tokyo gelar Forum Bisnis Kelautan dan Perikanan Indonesia – Jepang di Kota Kesennuma, Jepang pada Kamis, 2 Desember 2021.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo bekerja sama dengan Kantor Walikota Kesennuma menggelar Forum Bisnis Kelautan dan Perikanan Indonesia – Jepang di Kota Kesennuma, Jepang pada Kamis, 2 Desember 2021.

Dalam forum tersebut, mereka membahas dua hal.  Pertama, mengajak pengusaha industri perikanan dari Kesennuma untuk meningkatkan jumlah armada kapal penangkap ikan di Indonesia.

Kedua, mendorong kerja sama pembentukan sekolah vokasi untuk penyiapan tenaga kerja berkeahlian khusus bidang kelautan dan perikanan khususnya di Benoa, Bali yang merupakan tempat persinggahan 40 kapal dari Kesennuma,

Baca juga : Tok! Putusan PN Jaksel Perkuat Posisi Nurdin Halid Sebagai Ketum Dekopin

“Kami juga menawarkan pebisnis Kesennuma untuk berinvestasi pada enam Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) di Indonesia yang merupakan kerja sama dengan Japan International Cooperation Agency (JICA),”  ujar Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang, Heri Akhmadi dalam keterangannya, Sabtu (4/12)
.
Walikota Kesennuma Shigeru Sugawara menyambut baik penguatan kerja sama bidang perikanan antara Indonesia dengan Kota Kesennuma. 

“Kami menyambut baik tawaran Duta Besar Heri Akhmadi terkait investasi dari Kota Kesennuma di Indonesia, termasuk pendidikan bagi tenaga kerja bidang perikanan untuk mendukung industri perikanan di Kesennuma,” terang Sugawara.
 
Persiapan Minato Matsuri 2022
 
Di sela-sela forum tersebut, dibahas persiapan Kesennuma Minato Matsuri (Festival Pelabuhan Kesennuma) yang dijadwalkan pada 6-7 Agustus 2022 di Kota Kesennuma. 

Walikota Kesennuma menyambut baik komitmen Indonesia untuk kembali berpartisipasi dalam kegiatan festival seni budaya ini.

Baca juga : Jelang Piala AFF, Timnas Indonesia Gelar Latihan Perdana Di Singapura

Sementara Dubes Heri akan mengundang Walikota Kesennuma berkunjung ke Bali untuk menyelenggarakan Parade Kesennuma di Kota Bali guna memperkuat pertukaran budaya antara Indonesia dan Jepang.

Parade Indonesia pada Kesennuma Minato Matsuri merupakan kegiatan rutin tahunan yang ditunggu-tunggu di kota ini. Tahun 2020 dan 2021 karena pandemi, secara berturut-turut festival ini ditiadakan dan dilaksanakan secara daring.

Indonesia dan Kesennuma memiliki kedekatan khusus yang terjalin sejak lama. 

Baca juga : Luhut Keras Dan Tegas

Persahabatan itu semakin erat pasca bencana tsunami yang menimpa Kesennuma pada Maret 2011, di mana Indonesia mengirimkan tim penyelamat ke Kesennuma dan wilayah lainnya di Prefektur Miyagi, serta menyumbangkan dana sebesar 2 juta dolar AS untuk membantu proses pemulihan para korban bencana.

Dubes Heri juga berkesempatan mengunjungi Balai Anak Persahabatan Yudhoyono yang berdiri sejak tahun 2018 di Perpustakaan Kota Kesennuma. [MFA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.