Dark/Light Mode

Terpilih Jadi Wali Kota Muslim Pertama Negara Bagian Maine

Perempuan Imigran Somalia Pimpin Populasi Kulit Putih

Jumat, 10 Desember 2021 06:30 WIB
Deqa Dhalac. (Foto: AP Photo/Robert F. Bukaty).
Deqa Dhalac. (Foto: AP Photo/Robert F. Bukaty).

 Sebelumnya 
Dia pun mengungkapkan rasa bangganya karena menjadi contoh bagi generasi mendatang yang berada di posisi yang sama seperti sekarang. Dalam beberapa tahun terakhir, Dhalac melihat banyak imigran Somalia dan negara lain berpartisipasi dalam pemilu untuk mengambil posisi kepemimpinan di Maine.

Padahal di pada masa lalu, kalangan imigran ragu untuk maju dan berkontestasi dalam pemilu. Mereka hanya fokus memenuhi kebutuhan keluarga. “Saya pikir kami selalu agak takut terlibat. Kami menunggu orang (lain) untuk melakukan sesuatu,” kata Dhalac.

Baca juga : Riza Damanik Ngebet Perluas Peran Sarjana Kelautan

Somalia berada di ambang perang saudara ketika Dhalac mengungsi dari Ibu Kota Mogadishu 31 tahun lalu. Tepatnya pada 1992, ia memulai perjalanannya ke Negeri Paman Sam. Kemenangannya itu membuat ibunya, yang masih tinggal di Mogadishu, sangat bahagia.

Menurut Pemimpin Amerika Baru, kelompok yang melatih dan mendukung imigran, pengungsi, dan kandidat beragam lainnya untuk duduk di Pemerintahan, terpilihnya Dhalac membawa semangat positif bagi perubahan.

Baca juga : Akun Instagram-nya Posting Ilustrasi Paku Dihantam Palu

“Sebagai wanita kulit hitam, imigran, dan Muslim yang terpilih di Dewan Kota SouthPortland, Wali Kota Dhalac merupakan kekuatan untuk perubahan positif di komunitasnya,” kata kelompok itu di Instagram.

Mereka sangat bangga memilikinya di jaringan Pemimpin Amerika Baru. Mereka pun menanti semua hal luar biasa yang akan dia capai sebagai Wali Kota South Portland. [PYB]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.