Dark/Light Mode

Ibas Kawal Program Perahu Nelayan Dan Penerangan Jalan Umum Di Pacitan

Jumat, 11 Desember 2020 14:29 WIB
Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR Edhie Baskoro Yudhoyono (berdiri) saat penyerahan bantuan perahu untuk nelayan, di Desa Kembang, Pacitan, Kamis (Foto: Dok. FPD)
Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR Edhie Baskoro Yudhoyono (berdiri) saat penyerahan bantuan perahu untuk nelayan, di Desa Kembang, Pacitan, Kamis (Foto: Dok. FPD)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR Edhie Baskoro Yudhoyono (EBY) secara langsung hadir dalam Program Bantuan Perahu Nelayan, di Desa Kembang, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Kamis (10/12). Bantuan perahu itu merupakan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) besutan Kementerian BUMN, yang dilaksanakan Pertamina.

Selain menyalurkan Program Bantuan Perahu Nelayan, politisi muda yang akrab disapa Ibas ini juga menyalurkan Program Penerangan Jalan Umum (Mitra Kementerian ESDM) dan Sosialisasi Empat Pilar.

Baca juga : BP Jamsostek Ajak Perusahaan Pekerjakan Penyandang Disabilitas

Program Bantuan Perahu Nelayan dimaksudkan untuk memfasilitasi nelayan maksimal memanfaatkan sumber daya lautan. Yang mendapat bantuan ini adalah para nelayan kecil yang memiliki keterbatasan sarana dan keterbatasan akses di perairan. Bantuannya berupa 2 unit perahu nelayan, 20 unit konverter Bahan Bakar Gas, dan 3 unit mesin tempel.

Ibas berharap, bantuan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat Pacitan. Dia optimis, jika kapal yang diberikan dimanfaatkan secara baik, taraf hidup nelayan kecil bisa meningkat.

Baca juga : Segera Isi Kekosongan Jabatan Wagub Aceh!

“Di masa sulit akibat pandemi ini, nelayan kecil pasti sangat terdampak. Saya harap, bantuan yang diterima bisa jadi modal garapan para nelayan dalam melaut. Selain itu, saya juga berharap para nelayan kecil bisa memanfaatkan kekayaan laut Pacitan dengan sebaik-baiknya serta bertanggung jawab terhadap lingkungan,” ungkap putra bungsu Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini, dalam keterangan yang diterima redaksi, Jumat (11/12).

Terkait Program Penerangan Jalan Umum (PJU), diberikan untuk mempermudah aktivitas warga, meningkatkan penglihatan dan medan jalan, baik kepada pejalan kaki, pesepeda, dan pengendara lainnya, di malam hari. PJU diharapkan mampu mengurangi kecelakaan dan potensi terjadinya tindak kriminal.

Baca juga : Bamsoet Tekankan Perlunya Pengembangan Ekonomi Digital

“Fungsi utama PJU adalah memberikan rasa aman kepada masyarakat. Rasa aman ini bisa didapat dari pencahayaan yang baik dan membantu penglihatan. Dengan PJU yang memadai, aktivitas di malam hari tentu tidak akan menghambat dan menakutkan lagi,” papar Ibas. Jumlah PJU yang dipasang di Desa Kembang terdapat di 6 titik. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.