Dark/Light Mode

Roaster Dari Guangzhou Juarai Kompetisi Roasting Kopi Indonesia 2021 Di China

Sabtu, 11 Desember 2021 09:50 WIB
Li Zhi Hao, atau dipanggil Leo (kiri), roaster asal Guangzhou berhasil menjuarai Kompetisi roasting kopi Indonesia. (Foto: KKRI Guangzhou)
Li Zhi Hao, atau dipanggil Leo (kiri), roaster asal Guangzhou berhasil menjuarai Kompetisi roasting kopi Indonesia. (Foto: KKRI Guangzhou)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kompetisi roasting kopi Indonesia digelar baru-baru ini di China. Kompetisi roasting kopi Indonesia ini diselenggarakan oleh Wellica Guangzhou, perusahaan ekspor impor produk Indonesia, yang didukung oleh Konsulat Jenderal RI di Guangzhou.

Gagasan kompetisi muncul di benak Bapak Pek Kian, pemilik Wellica Guangzhou, setelah melihat animo tinggi para roaster China mengikuti kompetisi roasting serupa yang menggunakan kopi luar negeri seperti biji kopi Ethiopia, Kolombia Brazil, Panama.

Gagasan kompetisi roasting kopi Indonesiapun kemudian disebarkan ke komunitas kopi China, dan berhasil menjaring 61 peserta dari berbagai kota, yang hampir semuanya telah memiliki kedai kopi.

Li Zhi Hao, atau dipanggil Leo, roaster asal Guangzhou berhasil menjuarai Kompetisi roasting kopi Indonesia ini. Ia berhasil menyisihkan 60 roaster lainnya yang berasal dari 31 kota, diantaranya Shanghai, Suzhou, Foshan, Huizhou, Xiamen, Haikou, Tianjin, Beijing dan Guangzhou.

Kompetisi ini menilai hasil dari proses roasting (memasak) biji kopi asal Indonesia. Walaupun tampaknya gampang untuk memasak biji kopi, tapi ternyata roasting adalah bagian paling krusial dari seluruh proses pengolahan kopi yang sangat panjang (dari panen hingga penyeduhan) karena roasting akan menentukan citarasa kopi yang akan dihasilkan.

Baca juga : Konsolidasi, Sahabat Ganjar Bertekad Kawal Gubernur Jateng Jadi Pemimpin Indonesia 2024

 

 

Adapun citarasa kopi mampu divariasikan sesuai selera, tergantung pada bagaimana proses roasting ini dilakukan.

Untuk penyelenggaraan kali pertama ini, Wellica memilih biji kopi Ciwidey, kopi specialty yang terkenal memiliki kekhasan cita rasa yang segar, hasil kombinasi rasa buah dan kacang-kacangan. Wellica mengemas biji kopi mentah dan dari Guangzhou dikirimkan ke alamat masing-masing roaster untuk diroast.

Para roaster kemudian memasak biji kopi tersebut dan mengirimkannya ke Tianjin, untuk diseduh dan proses penilaian oleh tiga juri independen. Setelah melalui keseluruhan proses lebih dari dua bulan, akhir November kemarin juri menetapkan tiga pemenang.

Baca juga : PIDI 4.0, Showcase Digitalisasi Making Indonesia 4.0 Resmi Diluncurkan

Mengingat kompetisi ini diikuti oleh banyak roaster dari se-antero RRT, KJRI Guangzhoupun meminta dukungan Dubes RI Beijing sebagai penandatangan piagam penghargaan bagi para pemenang.

Penyerahan piagam digelar secara online di kantor KJRI Guangzhou namun agar tetap sesuai dengan protokol kesehatan, hanya diikuti secara offline oleh Wellica, pemenang dan juri yang berasal dari Guangzhou, Kamis (9/12).

Acara ini dihadiri Dubes RI Beijing, Konjen RI Shanghai, dan Kepala ITPC Shanghai, dan beberapa peserta kompetisi dari kota lain.

 

 

Baca juga : Ketua KPK: Jangan Ada Lagi Korupsi Dalam Perizinan Investasi Dan Usaha

Dubes RI untuk China Djauhari Oratmangun selain mengumumkan daftar pemenang melalui siaran zoom, juga serahkan piagam penghargaan secara virtual kepada Juara 1-3 serta 3 orang juri.

Dubes Dhaujari berharap melalui kompetisi ini, para roaster Tiongkok dapat semakin terpacu untuk berinovasi dan berkreasi lainnya dengan menggunakan kopi asal Indonesia.

Wellica Guangzhou sendiri berencana untuk menyelenggarakan acara kompetisi di awal 2022, dengan mengangkat kopi specialty dari daerah lain di Indonesia seperti Gayo, Toraja. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.