Dark/Light Mode

RI Dan Jepang Perkuat Kerja Sama Seni Dan Budaya

Sabtu, 18 Desember 2021 15:22 WIB
KBRI Tokyo Gelar Promosi Seni dan Budaya “Kenali dan Cintai Indonesia di Jepang.
KBRI Tokyo Gelar Promosi Seni dan Budaya “Kenali dan Cintai Indonesia di Jepang.

RM.id  Rakyat Merdeka - KBRI Tokyo menggelar kegiatan promosi budaya dalam format diskusi interaktif secara daring dan luring “Kenali dan Cintai Indonesia” dengan Institut Teknologi Bandung (ITB), Joshibi University of Arts and Design (JUAD) dan Tokyo University of Art and Design. 

Acara ini bertujuan mengenalkan Indonesia dan membahas peluang kerja sama antar perguruan tinggi di bidang seni rupa. 

Baca juga : Bertemu Dubes Portugal, Menteri KKP Bahas Potensi Kerja Sama Kelautan Dan Perikanan

Dalam sambutannya, Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang dan Federasi Mikronesia, Heri Akhmadi berharap ke depannya terus terdapat penguatan kerja sama antar Perguruan Tinggi Indonesia dan Jepang di bidang seni rupa.

“Kedua negara ini memiliki banyak kedekatan dan kesamaan kekayaan seni dan budaya. Saya berharap pameran dan peningkatan kapasitas antar perguruan tinggi Indonesia Jepang dalam hal ini ITB dengan Joshibi University dan Tokyo University of Art and Design dapat terlaksana dalam waktu dekat,” ujar Heri dalam keterangannya, Sabtu (18/12).

Baca juga : Kemenperin Bentuk Lembaga Pemeriksa Halal, Ini Tugasnya

Pegiat seni Batik asal Jepang, Fusami Ito yang juga hadir dalam kegiatan ini memperkenalkan kain batik Indonesia termasuk karya yang dihasilkan. Hal yang sama juga dilakukan Innes Sukanto seorang perupa Indonesia yang juga mantan dosen Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB.  

Kegiatan diskusi virtual ini juga dirangkai dengan penayangan Video Wonderful Indonesia dan video karya desainer Indonesia, Ghea Sukasah berupa batik, tenun dan songket. Para tamu undangan juga berkesempatan belajar memasak makanan Indonesia, seperti nasi goreng dan soto ayam. 

Baca juga : Putaran Kedua Liga 1, Persiraja Siapkan 16 Pemain Anyar

Diskusi interaktif dihadiri olehDekan Fakultas Seni Rupa Desain (FSRD) ITB, Andrianto Rikrik Kusmara, Wakil Dekan Akademik FSRD ITB, Nurdian Ichsan dan Koordinator Kerja Sama FSRD ITB, Yuki Agriardi Koswara, serta 35 mahasiswi dan 5 dosen Joshibi University of Arts dan Tokyo University of Arts dan friends of Indonesia lainnya. 

Turut hadir pada kegiatan tersebut Kepala Bidang Pensosbud, Meinarti Fauzie dan Atase Pendidikan KBRI Tokyo Yusli Wardiatno serta sejumlah staf KBRI Tokyo lainnya.[MFA]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.