Dark/Light Mode

Lezatnya Masakan Padang Hangatkan Suasana Idul Fitri di Roma

Kamis, 6 Juni 2019 18:16 WIB
Dubes RI untuk Italia Esti Andayani, menerima warga Indonesia yang ber-Halal Bihalal di KBRI Roma, Rabu (5/6). (Foto: KBRI Roma)
Dubes RI untuk Italia Esti Andayani, menerima warga Indonesia yang ber-Halal Bihalal di KBRI Roma, Rabu (5/6). (Foto: KBRI Roma)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perayaan Idul Fitri 1440 H yang jatuh pada 5 Juni 2019, dihadiri oleh sekitar 300 orang Warga Negara Indonesia (WNI) di Roma dan sekitarnya. Seluruh masyarakat Indonesia mengikuti rangkaian acara perayaan, yang berlangsung hangat dan meriah di KBRI Roma.

Mereka dengan gembira merayakan “Hari Kemenangan”, setelah satu bulan menjalankan ibadah puasa yang cukup panjang, selama kurang lebih 18 jam setiap harinya di Italia.

Baca juga : WNI di Denmark Rayakan Idul Fitri di Wisma Indonesia

Shalat Idul Fitri berjamaah yang dipimpin Ustad Akhmad Ikhwani Syamsudin dari Kairo, menyampaikan ceramah Idul Fitri bertajuk “Indikator Keberhasilan Puasa di Bulan Ramadhan”. Masyarakat yang hadir, diajak mengenali indikasi keberhasilan Ramadhan untuk selalu diterapkan dalam perilaku sehari-sehari.

Keberhasilan Ramadhan tersebut antara lain adalah meningkatnya kemampuan menjaga kebersihan hati, menjaga ibadah dan keimanan kepada Tuhan YME, saling memaafkan, dan mengamalkan kepedulian terhadap sesama.

Baca juga : Kyai Maruf Ucapkan Selamat Idul Fitri Pada Prabowo-Sandi

Perayaan Idul Fitri juga diisi silaturahmi masyarakat Indonesia dengan Duta Besar RI untuk Italia, Esti Andayani. Halal-bihalal turut dihadiri para Duta Besar, korps diplomatik negara sahabat dan pejabat setempat dalam acara Open House di Wisma Indonesia, Roma. Masyarakat Indonesia dari berbagai kelompok dan agama juga hadir berbagi suka cita bersama, kendati Lebaran di Italia bukan tanggal merah.

"Idul Fitri merupakan momen yang indah untuk kita terus memelihara persatuan dan kebersamaan masyarakat Indonesia di luar negeri, khususnya di Italia," ujar Dubes Esti Andayani, dalam keterangan tertulis yang diterima RMco.id, Kamis (6/6).

Baca juga : Dari Bosnia, Amelia Yani Mengucapkan Selamat Idul Fitri 1440 H

Berbeda dengan tahun sebelumnya, sajian Idul Fitri kali ini menghadirkan kenikmatan khas masakan Padang yaitu soto padang dan lontong, gulai kapau, kalio daging, balado udang kentang, dendeng balado, dan ayam bakar yang dilengkapi dengan sambal cabai hijau. Masyarakat Indonesia dari berbagai kota di Italia sangat antusias menikmati sajian tersebut.

“Saya sangat senang menyantap lontong padang sepuasnya, sebagai pengobat rindu pada kampung halaman” ujar Adam, salah satu warga Indonesia di Roma. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.