Dark/Light Mode

Menlu Tegaskan Indonesia Terus Dukung Perdamaian Di Afghanistan

Kamis, 6 Januari 2022 17:48 WIB
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. (Foto: Twitter)
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. (Foto: Twitter)

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia berkomitmen penuh dalam menyelesaikan persoalan keamanan dan stabilitas di Afghanistan. Pasca pendudukan Taliban di Afghanistan, Indonesia terus mencari cara mengembalikan stabilitas dan kedamaian bagi rakyat di sana.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyebut bahwa Indonesia telah mengambil beberapa langkah bilateral dan multilateral.

Baca juga : Tok, Lestaluhu Dipinjamkan Ke PS Sleman

Dalam Pernyataan Pers Tahunan Menteri Luar Negeri (PPTM) 2022 yang diselenggarakan Kamis, (6/1), Retno mengatakan telah melibatkan Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) untuk menyelesaikan persoalan ini. Bahkan, dalam Sidang Luar Biasa OKI yang diadakan Desember lalu, pihaknya mengusulkan agar adanya roadmap pemenuhan janji-janji Taliban.

"Atas dorongan Indonesia, sebuah roadmap pemenuhan komitmen Taliban telah dimasukkan dalam Resolusi pertemuan OKI tersebut," beber Retno.

Baca juga : Dubes Kenssy Resmikan Gereja Indonesia Pertama Di Praha

Sebagaimana diketahui, setelah mengambil alih Kabul pada Agustus lalu, Taliban berjanji melakukan beberapa hal, di antaranya penghormatan terhadap hak-hak perempuan.

"Dalam engagement Indonesia dengan Taliban, Indonesia terus mendorong agar janji yang disampaikan pada 16 Agustus dapat dipenuhi, termasuk penghormatan terhadap hak-hak perempuan," ujarnya.

Baca juga : Rekrutan Ke-6, Persija Tarik Mantan Striker Timnas U-19

Lebih lanjut, Retno menegaskan konsistensi Indonesia dalam memperjuangkan Afghanistan menjadi negara yang damai, stabil, dan sejahtera.

Dalam kaitan ini, Indonesia juga berkontribusi memberikan bantuan kemanusiaan kepada Afghanistan. "Di 2022, Indonesia akan fokus pada isu pendidikan dan pemberdayaan perempuan Afghanistan, termasuk melalui pemberian beasiswa pendidikan," ujar Retno [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.