Dark/Light Mode

Presiden Sementara Kazakhstan, Tokayev Menangi Pilpres

Senin, 10 Juni 2019 16:12 WIB
Kassym Jomart Tokayev
Kassym Jomart Tokayev

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemimpin sementara Kazakhstan Kassym Jomart Tokayev memenangkan pemilihan presiden dengan lebih dari 70 persen suara. Menurut, Komisi Pemilu Kazakhstan, kemarin, jumlah suara terkumpul sebanyak 77 persen suara dari total 12 juta pemilih terdaftar. Tokayev unggul. Dia meraup 70,76 persen suara (6.504.024).

Perolehan Tokayef disusul Amirzhan Kossanov dengan 16,02 persen (1.472.733). Selanjutnya 5,2 persen (478.153) perolehan Daniya Yespayeva. Di tempat keempat 3,2 persen (294.271) diisi Toleutay Rakhimbekov. Posisi lima dengan 2,07 persen (190.304) ada Amangeldy Taspikhov.

Baca juga : Bu Ani Meninggalkan Salam dan Kebaikan

Setelah pemungutan suara 9 Juni lalu, mantan presiden Nursultan Nazarbayev mengatakan, generasi baru akan datang dengan pemikiran baru dan akan membawa Kazakhstan menuju kejayaan yang baru.

Nazarbayev (78) yang telah memerintah negara itu sejak kemerdekaan, setelah runtuhnya Uni Soviet pada 1991, adalah pemimpin Asia Tengah pertama di era pasca-Soviet yang rela mengundurkan diri dari jabatannya.Lima tahun masa jabatan sang mantan presiden semestinya berakhir pada 2020.

Baca juga : Tentang Pemilihan Presiden Mendatang di Republik Kazakhstan

Pada 9 April, Tokayev (66) yang mengambil kendali sebagai penjabat presiden sehari setelah pengunduran diri Nazarbayev.

Polisi di Kazakhstan telah menangkap sekitar 500 demonstran yang menentang pilpres. Dilansir VOA, pemerintah mengatakan tiga polisi terluka. Para pendukung oposisi menyerukan boikot, mengatakan pemilu pada Minggu tidak bebas dan adil. Mereka menyebutnya sebagai peralihan kekuasaan ilegal dan direkayasa dari satu pemimpin autokrasi ke pemimpin. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.