Dark/Light Mode

Presiden Macron Girang

RI Beli 42 Jet Tempur Prancis, Dunia Heboh

Sabtu, 12 Februari 2022 08:10 WIB
Pesawat Jet Rafale Perancis. (Foto: National Interest).
Pesawat Jet Rafale Perancis. (Foto: National Interest).

 Sebelumnya 
“Kesepakatan itu menjadikan Indonesia negara kedua di kawasan Indo Pasifik setelah India yang mengandalkan jet produksi Dassault Aviation,” kata Menhan Parly.

Dalam pemberitaannya, kantor berita Prancis, AFP, menyinggung keunggulan jet tempur Rafale. “Rafale telah terbukti populer di pasar internasional meskipun ada persaingan dari produsen AS dan Eropa lainnya,” tulis AFP.

“Pesanan puluhan jet tempur Rafale tersebut merupakan langkah Indonesia untuk menggantikan armadanya yang menua, terutama F-16 dari AS dan Sukhoi dari Rusia,” imbuh media itu.

Baca juga : Presiden Prancis Emmanuel Macron Girang Indonesia Pesan 42 Jet Rafale

BNN Bloomberg, media dari Kanada, menyebut, Dassault Aviation memperpanjang keberhasilannya soal penjualan jet tempurnya. Pasalnya, sebelum Indonesia, Dassault Aviation juga menerima pesanan jet tempur Rafale dari Uni Emirat Arab (UEA), Yunani, Kroasia, dan pesanan tambahan dari Mesir.

“Kesepakatan tersebut mencakup pelatihan, dukungan logistik untuk beberapa pangkalan udara, dan pusat pelatihan yang dilengkapi dengan simulator,” sebut media itu.

Kabar positif soal kesepakatan pembelian 42 unit jet tempur Rafale juga disuarakan DW DeutscheWelle (DW). Media asal Jerman itu menyebut, kesepakatan tersebut menambah kuat hubunganantara Paris dan Jakarta.

Baca juga : Inggris Kerahkan Typhoon Usir 4 Jet Tempur Rusia

DW juga menyinggung soal kegembiraan Presiden Prancis Emmanuel Macron atas pembelian pesawat itu oleh Indonesia.

“42 Rafale! Indonesia memilih keunggulan Industri Prancis! Lebih dari 400 perusahaan Prancis dan ribuan pekerja yang merancang Rafale telah diakui,” cuit Macron di Twitternya.

DW turut melaporkan, Prancisjuga berhasil mencapai kesepakatan pembelian jet tempur Rafale dengan beberapa negara lain.

Baca juga : Kasus Di Jabodetabek Menuju Lampu Merah

Namun dalam tajuknya, Indonesia inks Rafale fighter jet deal with France, DW menyoroti, Jakarta telah memesan 42 jet karena Prancis dan Indonesia terusmemperkuat hubungan militer dalam menghadapi ketegangan yang meningkat di Asia Pasifik.

Dari Timur Tengah, situs online Aljazeera mengulas pembelian jet tersebut sebagai usaha Paris ingin memperluas hubungangeopolitik di Indo Pasifik setelah Australia membatalkan kesepakatan bernilai miliaran dolar. Ulasan tersebut dimuat dengan artikel “Indonesia to buy 42 Rafale jets as it boosts ties with France”. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.