Dark/Light Mode

Rayakan 70 Tahun Jadi Anggota NATO, Pasukan Turki No 5 Terkuat

Senin, 21 Februari 2022 23:03 WIB
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (kanan) dan Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg. (Foto Anadolu Agency)
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (kanan) dan Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg. (Foto Anadolu Agency)

RM.id  Rakyat Merdeka - Turki merayakan peringatan 70 tahun keanggotaannya di NATO. Mengutip Global Fire Power, Turki merupakan lima negara anggota aliansi Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) dengan militer terkuat.

“Selama era Perang Dingin dan setelahnya, Turki telah menjadi salah satu anggota Aliansi yang bertanggung jawab dan terkemuka,” pernyataan, Kementerian Luar Negeri Turki, dilansir Kantor Berita Turki Anadolu, Senin (21/2)

Baca juga : PR Jokowi, Puasin 25 Persen Rakyat

Pernyataan itu melanjutkan, selain perannya dalam mempertahankan perbatasan NATO, Turki banyak berkontribusi untuk misi dan operasinya.

"Turki telah menjadi sekutu utama yang memetakan arah NATO sejalan dengan nilai-nilai penting blok itu dan melalui pendekatan berprinsip dan visioner. Turki melakukan bagiannya mengenai pertahanan dan keamanan, dan “memberikan kontribusi yang berarti dan tulus untuk proses perubahan dan transformasi di NATO,” tambah rilis itu.

Baca juga : Baku Tembak Di Bandara Aminggaru Ilaga Papua, Aparat TNI Terluka

“Dalam hal ini, kami mengharapkan Sekutu kami untuk dengan sempurna menunjukkan persatuan dan semangat solidaritas yang merupakan landasan NATO,” imbuh pernyataan itu lagi.

Secara terpisah, Kepala Delegasi Turki untuk Majelis Parlemen NATO, Osman Askin Bak, mengatakan, Turki berada di antara lima sekutu teratas yang paling berkontribusi pada operasi dan misi NATO. Tak hanya mendanai, soal persenjataan Turki juga berkontribusi besar di NATO. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.