Dark/Light Mode

Rayakan 70 Tahun Jadi Anggota NATO, Pasukan Turki No 5 Terkuat

Senin, 21 Februari 2022 23:03 WIB
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (kanan) dan Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg. (Foto Anadolu Agency)
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (kanan) dan Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg. (Foto Anadolu Agency)

 Sebelumnya 
Kementerian Pertahanan Turki juga menyebut, negara itu termasuk di antara lima negara teratas yang berkontribusi paling besar kepada NATO selama pandemi virus Corona.

Dikutip dalam website NATO, Turki bergabung dengan aliansi militer di antara 29 negara Amerika Utara dan Eropa pada 1952. Dibentuk pada 1949, NATO berperan dalam menjaga keamanan dan stabilitas di kawasan Euro-Atlantik dan menanggapi ancaman Uni Soviet. Bertujuan untuk menjamin kebebasan dan keamanan anggotanya melalui jalur politik dan militer.

Baca juga : PR Jokowi, Puasin 25 Persen Rakyat

Selain itu NATO juga memiliki beberapa tujuan lain, yakni melarang kebangkitan fasisme nasionalis di Eropa dan mendorong integrasi politik benua tersebut. Mengutip situs resmi NATO, aliansi tersebut kini memiliki 30 negara anggota. Dari 30 negara anggota ini, ada lima negara yang memiliki kemampuan militer terkuat.

 Mengutip Global Fire Power (globalfirepower.com), Lima Negara Anggota NATO Dengan Militer Terkuat:

Baca juga : Baku Tembak Di Bandara Aminggaru Ilaga Papua, Aparat TNI Terluka

1. Kekuatan militer Amerika Serikat (AS) merupakan yang terbaik dibandingkan negara-negara lain di dunia. AS memiliki 1.832.000 personel militer, dengan 1.390.000 di antaranya merupakan personel aktif. Selain itu, AS memiliki armada udara total 13.247, sebanyak 1.957 di antaranya adalah jet tempur. AS juga memiliki 6.612 tank dan 45.193 kendaraan lapis baja.

Selain itu, AS memiliki aset angkatan laut sebanyak 484, di mana 11 di antaranya adalah kapal induk dan 68 lainnya adalah kapal selam. Untuk anggaran pertahanan, AS memberikan dana yang besar, yakni mencapai 770 miliar dolar AS (Rp 10.978 triliun).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.