Dark/Light Mode

Jabatannya Tinggal 2,5 Tahun

PR Jokowi, Puasin 25 Persen Rakyat

Senin, 21 Februari 2022 08:57 WIB
Presiden Jokowi (Foto: Setpres)
Presiden Jokowi (Foto: Setpres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kinerja pemerintahan Presiden Jokowi relatif sudah berada di rel yang benar. Hasil survei terbaru yang dilakukan Indikator Politik Indonesia (IPI) memperlihatkan, 71 persen masyarakat sudah puas dengan hasil kerja Jokowi. PR Jokowi di sisa jabatannya yang tinggal 2,5 tahun lagi tinggal memuaskan sekitar 25 persen rakyat. 

Hasil survei IPI itu dirilis, kemarin. Judul surveinya, “Sikap Publik Terhadap Omicron, Vaksin Booster, Pembelajaran Tatap Muka (PTM), dan Protokol Kesehatan”. Survei digelar secara daring pada 15 Januari-17 Februari 2022 terhadap 626 responden. Margin of error survei ini plus minus 4 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Salah satu hasilnya, mayoritas masyarakat puas terhadap kinerja Jokowi. Mereka yang puas dan sangat puas kalau digabung mencapai 71 persen.

Baca juga : Tak Ada Kaitannya Dengan IKN, Hashim Siap Sediakan Air Bersih Untuk Kaltim

"Hanya 25 persen responden yang menyatakan kurang atau tidak puas terhadap kinerja Presiden Jokowi. Dan ada 4 persen yang tidak tahu atau tidak menjawab ada," kata Direktur Eksekutif IPI, Burhanuddin Muhtadi, saat merilis survei itu, kemarin.

Burhan menerangkan, tren kepuasan publik ini memang agak sedikit turun dibanding November, tapi kurang lebih stabil dibanding Desember. Pada November lalu, kepuasan responden terhadap Jokowi mencapai 72 persen. Sedangkan pada Desember, kepuasan responden berada di angka 71 persen. Menurut Burhan, temuan tersebut kurang lebih menunjukkan tren kepuasan terhadap Pemerintah yang cukup stabil.

Bila dirinci lebih detail, ada 66,9 persen responden laki-laki yang menyatakan cukup atau sangat puas terhadap kinerja Jokowi. Lalu, 75 persen responden perempuan menyatakan puas terhadap kinerja Pemerintah.

Baca juga : Shannon Wong, Ngaku 12 Tahun Dianiaya Ortu…

Sementara, dari aspek etnik, tingkat kepuasan dari orang Sunda dan Betawi relatif lebih rendah dibanding etnis lainnya. Etnis Sunda yang puas atau sangat puas terhadap kinerja Presiden Jokowi hanya 49,7 persen.

Dari hasil survei juga diketahui, Jawa Barat menjadi daerah yang mencatat ketidakpuasan tertinggi terhadap kinerja Jokowi, yaitu sebesar 40,4 persen. Disusul Banten dan DKI Jakarta, yang masing-masing ketidakpuasannya sebesar 39,9 persen dan 38,9 persen. Sedangkan yang menyatakan puas adalah Jawa Barat 51,7 persen, Banten 56,9 persen, dan DKI 58,9 persen.

Sedangkan sejumlah wilayah dengan persentase kepuasan tertinggi ada di Kalimantan, mencapai 95,9 persen. Di bawahnya, ada Bali 82,9 persen, Jawa Timur 77,5 persen, dan Sulawesi 77,6 persen.

Baca juga : Awal Tahun Macan Air, PMI Manufaktur RI Meroket

Politisi senior PDIP  Hendrawan Supratikno mengapresiasi hasil survei tersebut. Kata dia, hasil survei itu menunjukkan pemerintahan Jokowi sudah berada di rel yang benar. Meski begitu, ia berharap Pemerintah tidak leha-leha.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.